Total Hadiah Rp90 Juta, Pemkab Bandung Gelar Kompetisi Inovasi Bandung Bedas

Jurnalis: Sungkara Anwar
Editor: Akhmad Sugriwa

22 September 2023 09:44 22 Sep 2023 09:44

Thumbnail Total Hadiah Rp90 Juta, Pemkab Bandung Gelar Kompetisi Inovasi Bandung Bedas Watermark Ketik
Kompetisi Inovasi Bandung Bedas Pemkab Bandung. (Foto: Bappelitbangda)

KETIK, BANDUNG – Pemkab Bandung melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) mengundang seluruh warga Kabupaten Bandung untuk turut serta membangun daerahnya dengan berbagai inovasi.

Untuk itu, Bappelitbangda Kab menggelar Kompetisi Inovasi Bandung Bedas (KIBB) bertajuk Peningkatan SDM dan Perekonomian yang Berdaya Saing Melalui Inovasi Menuju Kabupaten Bandung Bedas, dengan total hadiah Rp 90 juta.

Kepala Bappelitbangda Kab Bandung, Erwin Rinaldi menjelaskan, lomba open inovasi ini untuk menghimpun ide kreatif dan inovatif terbaik dari warga Kabupaten Bandung, agar Bandung Bedas menjadi daerah yang penuh inovasi.

Adapun kategori lomba inovasi antara lain untuk bidang pendidikan, kesehatan dan sosial, energi dan lingkungan hidup, agribisnis, pangan, perikanan dan pertanian. Juga di bidang pariwisata dan budaya, kerajinan dan Industri Rumah Tangga, Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta ekonomi dan bisnis.

"Ketentuan umumnya, peserta berasal dari SMP sederajat, SMA/SMK dan sederajat, kalangan umum dari kalangan mahasiswa dan masyarakat, puskesmas dan seluruh perangkat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bandung," papar Erwin di Soreang, Jumat (22/9/2023).

Khusus bagi peserta dari perangkat daerah, imbuh Erwin, mekanisme penilaiannya sesuai dengan penilaian Indeks Inovasi Daerah (IID) atau  Innovative Government Award (IGA), melalui Aplikasi Informasi Kelitbangan (APIK).

Erwin menyebut total hadiah sebesar Rp 90 juta, untuk pemenang lomba dalam Kategori Umum, SMP Sederajat, SMA/SMK Sederajat, dan Puskesmas, dengan pemenang sebanyak tiga orang.

Juara I : Rp. 10 juta,- + Piagam + Trophy; Juara II : Rp. 7.5 juta,- + Piagam + Trophy; dan Juara III : Rp. 5 juta,- + Piagam + Trophy

Pendaftaran dimulai tanggal 20 September 2023 s.d 30 September 2023 melalui website : https://apik.bandungkab.go.id/lomba-inovasi/

"Bagi inovasi yang jadi pemenang nantinya diberikan sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Jadi, mari yang punya ide inovasi, kami mengajak untuk segera mendaftarkan diri, untuk menunjukan ide-ide brilian dan meraih penghargaan di Kompetisi Inovasi Bandung Bedas," ajak Erwin.(*)
 

Tombol Google News

Tags:

Inovasi kompetisi inovasi bandung bedas bedas PEMKAB BANDUNG