Tips Mengemas Barang saat Liburan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Rudi

19 April 2023 05:00 19 Apr 2023 05:00

Thumbnail Tips Mengemas Barang saat Liburan Watermark Ketik
Ilustrasi.(Foto: Pexels)

KETIK, SURABAYA – Memasuki musim libur Lebaran selain berkumpul dengan keluarga, banyak juga orang yang merencanakan liburan mengunjungi destinasi wisata. 

Saat berencana liburan bersama keluarga, salah satu tahapan yang cukup menguras pikiran adalah mengemas barang bawaan. 

Saking banyaknya barang yang ingin dibawa tidak sedikit orang uang akhirnya memutuskan menggunakan koper besar ditambah beberapa tas. Hal ini tentu  cukup merepotkan. Apalagi jika tempat yang dituju cukup jauh.

Karena itulag kami berikan beberapa tips mengemas barang tanpa ribet.

1. Mengemas barang sesuai jenis transportasi 

Setiap jenisbtransportasi pasti memiliki aturan mengenai jumlah barang bawaan, seperti jenis barang yang boleh dan tidak boleh dibawa selama perjalanan. Berbeda halnya jika kamu menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, kamu bebas membawa barang apa saja. Dengan mengetahui jenis transportasi yang kamu pilih, kamu bisa berkemas dengan tepat. 

2. Ketahui jumlah maksimum bagasi

Jika bepergian menggunakan pesawat, banyak maskapai yang menyediakan fasilitas bagasi tambahan atau tidak sama sekali. 

Jika sudah mengetahui batas maksimal berat bagasi yang bisa dibawa, kamu bisa mulai berkemas sesuai dengan ketentuannya. 

Ada baiknya kamu menimbang bagasimu terlebih dahulu untuk mengetahui apakah pas dengan aturan atau harus menambah jumlah bagasi.

3. Pilih cara berkemas paling sesuai

Ketika urusan berat bagasi sudah beres, sekarang waktunya berlatih berkemas yang rapi dan hemat ruang. Ada dua kebiasaan cara traveler meletakan pakaian di dalam koper.

Sebagian lebih suka pakaian dikemas dengan cara dilipat. Yang lainnya lebih suka gulung.  Sebenarnya, keduanya bisa kamu sesuaikan dengan diri sendiri. 

4. Maksimalkan semua ruang 

Saat menggunakan koper usahakan mengisi semua ruang yang tersedia dengan maksimal. Misalnya kamu membawa sepatu sneakers, bagian dalam sepatu bisa kamu isi dengan barang tertentu.

5. Packing dengan terorganisir

Untuk mempermudah kamu saat berlibur, coba kelompokan barang-barang yang kamu bawa dalam wadah yang dimasukan dalam koper. 

Misalnya kamu bisa mengelompokan pakaian, peralatan mandi, peralatan salat, dan perkabelan secara terpisah.

6. Bawa barang secukupnya

Hal ini penting untuk kamu perhatikan, bawalah barang yang penting dan kamu butuhkan saat di sana. Usahakan jangan membawa barang secara berlebihan karena nantinya justru akan merepotkanmu.(*)

Tombol Google News

Tags:

liburan Mengemas barang Koper transportasi tips lebaran