Tips Mempersiapkan Kendaraan Jelang Road Trip Akhir Tahun

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

19 November 2023 00:00 19 Nov 2023 00:00

Thumbnail Tips Mempersiapkan Kendaraan Jelang Road Trip Akhir Tahun Watermark Ketik
Ilustrasi road trip. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Mendekati akhir tahun 2023, banyak orang sudah mulai merencanakan perjalanan liburan. Banyak moda transportasi yang dapat menjadi pilihan untuk menuju destinasi liburanmu.

Seperti transportasi udara, laut dan darat. Salah satu moda transportasi yang paling banyak dipilih adalah darat atau road trip. Hal ini karena selain murah juga bisa dibilang cukup praktis apalagi jika destinasi wisatamu tidak terlalu jauh.

Kendati memiliki waktu tempuh yang lebih lama, road trip memberikan pengalaman berlibur yang lebih mengesankan. Sebab, kita bebas untuk singgah di tempat mana pun yang diinginkan.

Namun sebelum memulai road trip, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar perjalanan terasa lebih aman dan nyaman. Bagi kamu yang berencana melakukan road trip

 

1. Periksa kendaraan sebelum berangkat

Hal pertama yang wajib dilakukan sebelum melakukan perjalanan darat adalah mengecek kondisi kendaraan di bengkel. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir hal hal yang tidak diinginkan, misal mogok ditengah jalan.

2. Menentukan rute yang dilalui

Setelah melakukan pengecekan kendaraan hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan rute yang akan dilewati. 

Di zaman modern ini, kamu bisa dengan mudah mendapatkan informasi terkait rute serta medan perjalanan yang akan ditempuh dengan mudah baik melalui aplikasi maps atau lainnya.

Pastikan juga memilih rute yang melewati rest area, sehingga kamu bisa beristirahat sejenak. Ingat, jangan paksakan untuk berkendara jika merasa lelah.

3. Manfaatkan ruang bagasi tambahan

Jika kamu memiliki area bagasi yang terbatas di dalam kendaraan, kamu bisa memanfaatkan ruang bagasi tambahan. Misalnya, dengan menggunakan rak bagasi atap mobil dari Buzzrack yang dilengkapi dengan kunci serta konstruksi ringan dan kokoh.

4. Siapkan perbekalan

Perbekalan adalah hal yang penting untuk menemanimu selama perjalanan. Selain pakaian dan obat obatan, makanan dan minuman adalah hal yang tidak boleh dilupakan.

5. Membawa perkakas kendaraan

Saat melakukan road trip, kamu juga perlu mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak terduga seperti mesin bermasalah atau ban bocor. Karena itu, tidak ada salahnya mempersiapkan perkakas mekanis sebelum menempuh perjalanan.(*)

Tombol Google News

Tags:

liburan akhir tahun road trip persiapan Kendaraan tips