Tips Memilih CD untuk Menjaga Area Kewanitaan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

8 Mei 2023 10:31 8 Mei 2023 10:31

Thumbnail Tips Memilih CD untuk Menjaga Area Kewanitaan Watermark Ketik
Ilustrasi celana dalam (Foto: Shutterstoc/Mr. Reborn 55)

KETIK, JAKARTA – Bagi wanita menjaga kesehatan area kewanitaan adalah hal yang penting. Karena area kewanitaan adalah tempat yang rentan mengalami iritasi dari bakteri dan jamur apabila tidak dijaga kesehatan dan kebersihannya.

Salah satu faktor untuk menjaga kesehatan area kewanitaan adalah celana dalam (CD). Dengan menggunakan celana dalam yang bersih akan menjaga keseimbangan pH di area kewanitaan.

Oleh sebab itu penting untuk memilih celana dalam yang cocok dan nyaman agar area kewanitaan anda dapat terjaga kesehatannya. Berikut ini kami uraikan berbagai tips bagaimana cara memilih celana dalam yang tepat.

1. Pilih bahan yang tepat

Karena digunakan di area kewanitaan yang lembab dan tertutup sebaiknya pilih bahan yang breathable. Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit serta efektif menjaga kesehatan area kewanitaan. Sebaiknya hindari celana dalam yang berbahan sintetis, karena dapat menyebabkan masalah pada kulit area kewanitaan.

2. Pilihlah ukuran celana yang pas

Ukuran celana yang sesuai dapat membuatmu nyaman dan memudahkan dalam menjalankan aktivitas. Sebaiknya hindari memilih celana dalam yang terlalu ketat atau terlalu longgar, karena keduanya dapat menyebabkan masalah kesehatan pada area kewanitaan.

3. Ganti celana dalam secara teratur

Selalu ganti secala dalam mu secara teratur setelah digunakan. Usahakan menggantinya selama 2x sehari, hal ini untuk menjaga kebersihan dan keseimbangan PH di area kewanitaan.

4. Hindari bahan lace

Perlu kamu tahu walaupun lace merupakan bahan yang cantik namun lace tidak disarankan untuk digunakan sebagai celana dalam. Bahan ini dapat menyebabkan iritasi pada area kewanitaan.

5. Pilih celana dengan karet pinggang yamg lembut

Dalam mengganti celana dalam yang baru, sebaiknya pilihlah celana dalam yang memiliki karet pinggang yang lembut dan tidak terlalu ketat. Sebab, karet pinggang celana dalam yang terlalu ketat dapat mengganggu sirkulasi darah dan memicu iritasi pada kulit.

6. Cuci celana dalam secara teratur

Saat baru saja mencuci celana dalam baru sebaiknya cuci terlebih dahulu. Hindari memakainya langsung setelah dibeli. Karena bosa saja celana dalam tersebut terkontaminasi bakteri dan kuman. Hindari juga penggunaan pelembut pakaian yang mengandung pewangi, karena dapat memicu iritasi pada kulit area kewanitaan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Celana dalam kesehatan wanita area kewanitaan gaya hidup kebersihan