Tips Belajar Supaya Lolos Seleksi PPPK dan CPNS 2023

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

10 Oktober 2023 23:00 10 Okt 2023 23:00

Thumbnail Tips Belajar Supaya Lolos Seleksi PPPK dan CPNS 2023 Watermark Ketik
Ilustrasi mengerjakan soal. (Foto: Freepik)

KETIK, MALANG – Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023 sudah mulai berjalan. Setelah nantinya dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi, peserta akan dihadapkan dalam tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Pendaftaran CPNS dan PPPK sendiri diperpanjang hingga 11 Oktober 2023. Sedangkan seleksi administrasi dimulai pada 20 September hingga 14 Oktober 2023. Hasil dari seleksi administrasi akan diumumkan pada 15-18 Oktober 2023.

Setelah melewati masa sanggah hingga pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat SKD, pelaksanaan SKD akan dilakukan pada 9-18 November 2023.

Waktu seleksi yang semakin mendekat, tentu diperlukan persiapan yang matang. Tak perlu khawatir, Ketik.co.id akan tips untuk membantu kalian dalam meraih impian menjadi abdi negara.

1. Pelajari Kisi-kisi dan Soal CPNS Tahun Lalu

Penting sekali untuk memahami kisi-kisi materi yang akan diujikan dalam SKD. SKD CPNS terdiri dari tiga jenis tes yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Kemampuan Pribadi (TKP). Kalian dapat mencari contoh soal CPNS tahun lalu sebagai referensi. Ingat, semakin banyak soal yang dikerjakan bisa memudahkan kalian saat menghadapi ujian nanti.

2. Belajar Giat Namun Jangan Memaksakan Diri

Sangat wajar ketika kalian belajar giat lantaran ingin lolos menjadi abdi negara. Namun jangan sampai lupa memperhatikan kesehatan mental dan fisik kalian. Jangan sampai saking semangatnya belajar membuat kalian lupa waktu untuk beristirahat. Cobalah seimbangkan antara belajar dan beristirahat supaya tetap fokus 

3. Atur Durasi Pengerjaan Soal

Manajemen waktu salam mengerjakan soal sangatlah penting diperhatikan. Jangan lupa saat mengerjakan soal, dahulukan soal yang mudah terlebih dahulu. Jangan sampai karena terlalu fokus justru membuat kalian kehilangan waktu yang cukup berharga. Itulah pentingnya banyak berlatih dari kisi-kisi dan soal tahun sebelumnya. Usahakan untuk menyelesaikannya dalam batas waktu yang telah ditentukan

4. Jangan Stres dan Siapkan Mental

Stres dapat dipicu dari perasaan takut dan khawatir terhadap kemungkinan buruk yang terjadi dalam menghadapi seleksi penerimaan CPNS dan PPPK. Jika tak ingin stres menjadi penghambat atas konerja kalian dalam ujian, cobalah tetap tenang dan percaya diri. Yakinkan diri kalian bahwa kalian telah mempersiapkan diri dengan baik. Jika perlu ikuti sesi meditasiyang dapat membantu diri kalian tetap tenang dan meredakan stres.

5. Berdoa dan Minta Restu Orang Tua

Setelah melakukan segala persiapan, yang perlu kalian lakukan hanyalah berdoa dan meminta restu pada orang tua. Serahkan semua jerih payah dan usaha yang sudah dilakukan pada kehendak langit. Berdoalah untuk mendapatkan keberkahan dalam ujian ini. Doa dan dukungan dari keluarga dapat memberikan semangat tambahan dalam menjalani proses seleksi CPNS dan PPPK.

Selamat belajar dan semoga sukses! (*)

Tombol Google News

Tags:

Tips Lolos CPNS Tips Lolos PPPK Pendaftaran CPNS dan PPPK Seleksi Administrasi CPNS CPNS PPPK