Tingkatkan Mutu Pelayanan, UB Lakukan Tracer Study Alumni

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Naufal Ardiansyah

3 Mei 2023 03:45 3 Mei 2023 03:45

Thumbnail Tingkatkan Mutu Pelayanan, UB Lakukan Tracer Study Alumni Watermark Ketik
Form Tracer Study UB tahun 2023. (Foto: tangkapan layar Youtube) 

KETIK, MALANG – Direktorat Pengembangan Karier dan Alumni (DPKA) Universitas Brawijaya (UB) mulai Kamis (27/4/2023) sampai akhir tahun 2023 melaksanakan Tracer Study untuk menemukan informasi dinamika dan transisi dunia kerja bagi para alumni. 

Tracer Study UB di tahun 2023 ini memiliki target untuk melacak lulusan dalam jangka waktu tiga tahun kebelakang. 

Kepala Subdirektorat Alumni dan Tracer Study, Ir. Adam Hendra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc.selaku ketua panitia pelaksana mengatakan kegiatan Tracer Study UB tahun 2023 ini akan menggunakan beberapa tahapan survey kepada alumni yang dibagi berdasarkan waktu lulusnya. 

"Untuk alumni yang lulus tahun 2023 akan diberikan Exit Survey ketika dia baru lulus dengan tujuan meminta penilaian fasilitas UB yang diberikan selama berkuliah di UB. Enam bulan setelah mereka lulus, alumni tahun 2023 ini akan melanjutkan mengisi Pra Tracer Study yang bertujuan untuk mendapatkan informasi masa transisi karier dari masa kuliah ke dunia kerja dalam waktu beberapa bulan setelah lulus," katanya. 

Dia menambahkan untuk alumni yang lulus pada tahun 2022 akan diminta untuk mengisi Tracer Study satu yang bertujuan untuk mendapatkan informasi aktivitas utama setelah satu tahun lulus. 

Sedangkan untuk alumni yang lulus pada tahun 2021 akan diminta untuk mengisi Tracer Study dua yang bertujuan untuk mendapatkan informasi dinamika dalam dunia kerja atau dinamika aktivitas setelah lulus dalam waktu dua tahun berjalan. 

Dalam beberapa tahun terakhir, UB berhasil mengumpulkan data dari ribuaan lulusan yang telah bekerja, berwirausaha, dan melanjutkan pendidikan di berbagai sektor. 

Data yang terkumpul akan dianalisis oleh tim yang telah dibentuk oleh universitas dan fakultas untuk mengetahui dinamika dunia kerja saat ini. 

Hasil dari penarikan data tracer study ini akan digunakan untuk kepentingan UB dan keamanan datanya hanya untuk digunakan di dalam lingkungan UB sebagai bahan evaluasi perbaikan mutu dan pelayanan. 

Sementara itu, Direktur Direktorat Pengembangan Karier dan Alumni, Karuniawan Puji Wicaksono, SP.,MP.,Ph.D. selaku penanggung jawab pelaksanaan Tracer Study mengatakan kegiatan tracer study ini sangat penting untuk mengetahui keberhasilan lulusan dalam menyerap ilmu dan keterampilan yang telah diperoleh selama kuliah. Selain itu, tracer study juga dapat memberikan gambaran mengenai kesiapan lulusan dalam menghadapi dunia kerja. 

"Hasil dari tracer study ini nantinya akan dijadikan sebagai salah satu indikator pemeringkatan perguruan tinggi," paparnya.

Peringkat UB salah satunya dapat dilihat dari kualitas lulusannya dari hasil tracer study ini. Setiap tahunnya UB melaporkan hasil kinerjanya melalui pelaporan Indikator Kinerja Utama (IKU) kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK. Tracer study menjadi masukan untuk Itu poin 1 yang berbunyi Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak.

"Kami berharap lulusan UB dapat terus mensukseskan kegiatan tracer study ini karena semua upaya ini adalah demi kemajuan UB," kata Karuniawan.

Tracer Study dilakukan sebagai bentuk evaluasi atas kualitas pendidikan yang telah diberikan oleh UB kepada para mahasiswanya. 

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meminta masukan dan umpan balik dari para alumni sebagai salah satu dasar evaluasi kurikulum di setiap program studi dan peningkatan pelayanan UB secara umum. 

Diharapkan hasil dari kegiatan tracer study ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi Universitas Brawijaya dan para lulusannya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan karir. 

Alumni dapat mensukseskan kegiatan Tracer Study UB 2023 dengan mengisi kuesioner tracer study di Sistem Informasi Alumni dan Tracer Study (SINATRA) yang dapat diakses di alamat INI.  

Para alumni juga dapat melihat video tentang pelaksanaan Tracer Study UB di channel resmi Universitas Brawijaya melalui link DI SINI. (*)

Tombol Google News

Tags:

UB DPKA Tracer Study alumni Adam Hendra Brata Universitas Brawijaya