Tim Safari Ramadan Kecamatan Jatibanteng Kunjungi Desa Pategalan

Jurnalis: Abdul Hakim
Editor: Heru Hartanto

30 Maret 2024 01:41 30 Mar 2024 01:41

Thumbnail Tim Safari Ramadan Kecamatan Jatibanteng Kunjungi Desa Pategalan Watermark Ketik
Suasana kegiatan Safari Ramadan di Masjid Ainul Yaqin, Dusun Soca, Desa Pategalan, Kecamatan Jatibanteng, Kabupaten Situbondo, Jumat (29/03/2024). (Foto Abdul Hakim/Ketik)

KETIK, SITUBONDO – Membawa semangat membangun Desa untuk Indonesia dalam kebersamaan di momentum Ramadan 1445 Hijriah, Tim Safari Ramadan Kecamatan Jatibanteng malaksanakan kegiatan Safari Ramadan di Masjid Ainul Yaqin, Dusun Soca, Desa Pategalan, Kecamatan Jatibanteng, Kabupaten Situbondo, Jumat (29/03/2024) malam. 

Camat Jatibanteng Fadnur Rahman menyampaikan terima kasih atas sambutan yang diberikan Pemerintah Desa Pategalan, segenap pengurus masjid, dan masyarakat Pategalan. "Terima kasih atas sambutan penuh kehangatandan kekeluargaan ini," ucapnya.

Menurut dia, Safari Ramadan merupakan bentuk perjalanan yang dilakukan pada bulan Ramadan tidak hanya bersifat material, namun juga merupakan bentuk ekspedisi spiritual. Yaitu semakin kita dekat dengan masyarakat sebagai bentuk semakin dekatnya kita kepada Allah SWT. 

"Untuk itu mari kita jadikan Safari Ramadan sebagai titik tolak untuk mengenali itu semua sebagai bagian dari ikhtiar kita untuk menjadi hamba-hamba yang bertakwa," ujarnya. 

Safari Ramadan, lanjut Fadnur, juga merupakan sarana informatif untuk penyebarluasan pesan-pesan pembangunan untuk membangun desa lebih maju.

Selain itu menurut dia, Safari Ramadan juga merupakan sarana untuk menjalin kedekatan dan memelihara silaturahim antara pemerintah, masyarakat, dan ulama, serta sebagai momentum untuk menyerap aspirasi masyarakat seputar pelaksanaan pembangunan di setiap desa.

"Kegiatan ini juga dapat meningkatkan silaturahim antara pemerintah, masyarakat, dan ulama, serta dapat menjadi wadah untuk menghimpun berbagai aspirasi masyarakat untuk dijadikan bahan penting dalam menyusun program kebijakan pembangunan," ujarnya.

Karena itu, dia mengajak seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Jatibanteng untuk terus berkolaborasi dan bersinergi membangun daerah menuju Situbondo yang lebih maju. Foto Suasana kegiatan Safari Ramadan di Masjid Ainul Yaqin, Dusun Soca, Desa Pategalan, Kecamatan Jatibanteng, Kabupaten Situbondo, Jumat (29/03/2024). (Foto Abdul Hakim/Ketik)Suasana kegiatan Safari Ramadan di Masjid Ainul Yaqin, Dusun Soca, Desa Pategalan, Kecamatan Jatibanteng, Kabupaten Situbondo, Jumat (29/03/2024). (Foto Abdul Hakim/Ketik)

Sementara Kades Pategalan, Ahmad Siri menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada Tim Safari Ramadan Kecamatan Jatibanteng. "Semoga kegiatan religi ini bisa membawa keberkahan untuk masyarakat Desa Pategalan khususnya dan masyarakat Kecamatan Jatibantemg pada umumnya.

Dalam suasana kekeluargaan dengan penuh kehangatan terpancar dalam kegiatan Safari Ramadan ini, Tim Safari Ramadan Kecamatan Jatibanteng menyampaikan tentang program ODF (Open Defecation Free), perilaku hidup sehat dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) untuk menciptakan masyarakat yang hidup sehat dan tidak BAB (buang air besar) sembarangan.

Sementara Ketua MUI Kecamatan Jatibanteng kepada masyarakat mengulas tentang bahaya berita Hoax dan cara mencegah berita Hoax.

Turut hadir Forkopomka Jatibanteng, Korwil Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Jatibanteng, Ketua MWC NU Jatibanteng, Ketua MUI dan DMI Jatibanteng, Petugas Kesehatan dari Puskesmas Jatibanteng, Takmir Masjid Ainul Yaqin, Perangkat Desa Pategalan, Anggota BPD Pategalan dan LPM, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Desa Pategalan, serta masyarakat setempat.(*)

Tombol Google News

Tags:

Tim Safari Ramadan Kecamatan Jatibanteng Desa Pategalan situbondo