Telah Lebihi Target, Dinkes Kota Malang Lakukan Sub PIN Polio Susulan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

22 Januari 2024 11:48 22 Jan 2024 11:48

Thumbnail Telah Lebihi Target, Dinkes Kota Malang Lakukan Sub PIN Polio Susulan Watermark Ketik
Pelaksanaan vaksinasi susulan di Kecamatan Kedungkandang. (Foto: malangkota.go.id)

KETIK, MALANG – Pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Kota Malang telah melebihi target yakni mencapai 110 persen. Namun, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang terus memacu dengan menggelar Sub PIN Polio susulan di beberapa puskesmas.

Puskesmas tersebut meliputi Puskesmas Kedungkandang, Ciptomulyo, Bareng, Polowijen, dan juga Mulyorejo. Kendati telah melebihi target, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Malang, Meiftah Eti Winindar menjelaskan tidak semua merupakan warga Kota Malang.

"Di sekolah-sekolah yang menjadi lokasi pelaksanaan Sub PIN Polio, siswanya ada yang berasal dari luar Kota Malang. Kami tetap fasilitasi karena mereka semua mendapatkan hak yang sama untuk divaksin," ujar Meiftah, Senin (22/1/2024)

Pelaksanaan vaksin susulan tersebut untuk mengatasi anak-anak yang tak sempat tervaksin pada Sub PIN Polio pertama pada 21 Januari 2024 lalu. Diketahui terdapat beberapa anak yang mengalami sakit maupun kendala lain sehingga tak dapat dilakukan vaksin.

“Untuk itulah dilakukan vaksinasi polio susulan yang disebut dengan sweeping vaksinasi di beberapa titik di Kota Malang. Pelaksanaannya mulai 22 Januari 2024 sampai lima hari ke depan,” lanjutnya.

Tiap satu vial vaksin berisi 50 dosis untuk diberikan kepada anak-anak berusia 0-7 tahun. Untuk itu masyarakat yang hendak melakukan vaksinasi susulan dapat langsung menuju ke puskesmas maupun titik lain yang telah ditentukan. Hal tersebut guna memudahkan koordinasi.

“Setiap satu vial vaksin ini berisi 50 dosis untuk anak-anak. Jadi saat membuka vaksin diharapkan tidak ada yang mubazir,” ucapnya.

Sementara itu pelaksanaan vaksinasi susulan di Kedungkandang terlaksana di dua lokasi yakni Gedung B Puskesmas Kedungkandang dan di Puskesmas Pembantu Wonokoyo.

"Kegiatan ini untuk mengakomodir anak-anak yang sebelumnya tidak bisa mengikuti vaksinasi polio di sekolah, posyandu atupun di tempat tempat lain yang sudah ditentukan," ujar Kepala Puskesmas Kedungkandang dr. Kholida Nur’aini.(*)

Tombol Google News

Tags:

Sub PIN Polio Dinkes Kota Malang Vaksinasi Polio Vaksinasi Susulan Sub PIN Polio Susulan Kota Malang