Tarik Tambang hingga Karaoke Warnai Porsenap di Rutan Situbondo

Jurnalis: I Putu Manuaba
Editor: Marno

7 Maret 2023 13:35 7 Mar 2023 13:35

Thumbnail Tarik Tambang hingga Karaoke Warnai Porsenap di Rutan Situbondo Watermark Ketik
Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo Rudi Kristiawan (tengah) sedang menyemangati WBP. (Foto: Jos Rizal/Ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Ada yang berbeda dengan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Situbondo tadi siang (7/3/2023). Gemuruh sorak-sorai terdengar dari dalam. Teriakan disusul dengan tertawa terbahak-bahak. Laki-laki hingga perempuan, ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP) sedang mengikuti perlombaan tarik tambang. Siang itu mereka tengah merayakan Pekan Olahraga dan Seni (Porsenap) sebagai rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59. 

Momen peringatan lahirnya sistem pemasyarakatan di Indonesia menjadi sebuah kesempatan yang dinanti-nanti oleh WBP. Bukan hanya di Situbondo, namun juga di banyak rutan.

Sebab perayaan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 umumnya menjadi ajang seluruh WBP untuk unjuk kemampuan menunjukkan keterampilan, dan kekuatan dalam konteks olahraga hingga seni. Di Rutan Situbondo, acara tersebut diikuti oleh seluruh WBP yang berjumlah 343 orang dan segenap petugas di dalamnya.

Acara yang dimulai sejak pukul 13.00 WIB tersebut dibuka langsung oleh Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo Rudi Kristiawan. Prosesi pembukaan ditandai dengan pelepasan balon yang disambut gemuruh oleh seluruh WBP.

Dalam kegiatan tersebut Rudi menyampaikan bahwa kegiatan Hari Bakti Pemasyarakatan adalah salah satu hari penting dalam lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI yang puncaknya jatuh pada 27 April setiap tahunnya.

Foto WBP yang antusias ikuti lomba tarik-tambang di Rutan Kelas IIB SitubondoWBP yang antusias ikuti lomba tarik-tambang di Rutan Kelas IIB Situbondo

”Untuk itu, kita semuanya sebagai insan pengayoman dan pemasyarakatan yang baik hendaknya merayakan momen ini dengan meriah. Tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujar alumni AKIP tersebut.

Dalam HBP tahun ini ada sejumlah cabang olahraga dan seni yang dipertandingkan seperti; voli, bulutangkis, karaoke, dan tarik tambang. Seluruh WBP sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Bukan hanya pemain yang sedang berlomba, para penonton juga nampak berteriak histeris melihat sengitnya pertandingan.

“Alhamdulillah kami bisa menang hari ini. Apalagi Pak Kepala Rutan langsung memberikan hadiah tambahan kepada kami sebesar Rp.400 ribu secara langsung dan bisa untuk jajan teman-teman di kamar,” ucap Badri salah satu WBP dari Kamar 7.(*)

Tombol Google News

Tags:

Haribaktipemasyarakatan Rutan Situbondo posenap Hari Bakti Pemasyarakatan