Tanggul Jebol di Gresik, Sejumlah Pemukiman Warga Terendam Banjir

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Irwansyah

22 Februari 2023 05:27 22 Feb 2023 05:27

Thumbnail Tanggul Jebol di Gresik, Sejumlah Pemukiman Warga Terendam Banjir Watermark Ketik
Banjir merendam sejumlah rumah warga di Gresik. (Foto: Faris for Ketik.co.id)

KETIK, GRESIK – Hujan lebat yang mengguyur sejumlah wilayah di Jawa Timur, salah satunya Kabupaten Gresik pada Selasa (21/2/2023) menyebabkan banjir di sejumlah pemukiman warga.

Pemukiman warga yang terkena banjir berada di wilayah Kecamatan Driyorejo, tepatnya di Desa Sumput, Desa Mojosarirejo, Desa Karangandong dan Desa Driyorejo.

Salah satu warga yang rumahnya terkena banjir, Imam, mengatakan jika ketinggian air mencapai sekitar lutut orang dewasa, bahkan di beberapa tempat ketinggian air ada yang mencapai dada orang dewasa. Selain itu arusnya juga cukup deras sehingga ada beberapa rumah warga yang jebol.

"Awalnya air datang sekitar pukul 17:00. Kemudian volume air semakin besar sehingga kami tertahan di rumah. Selain itu air juga merendam sejumlah kendaraan milik warga," ungkapnya.

Foto Petugas BPBD Gresik memantau keadaan setelah banjir surut. ( Foto : Faris for Ketik.co.id)Petugas BPBD Gresik memantau keadaan setelah banjir surut. (Foto: Faris for Ketik.co.id)

Imam juga menambahkan selama tinggal di sini, kejadian ini adalah pertama kali rumahnya terendam banjir. Menurutnya setelah hujan lebat air biasanya hanya mengggenang di beberapa tempat saja.

"Selama tinggal di sini, ini pertama kalinya saya terkena banjir besar. Biasanya tidak pernah seperti ini. Setelah hujan lebat air hanya menggenang di beberapa sudut jalan," tambahnya.

Terkait kejadian ini, Darmawan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik menjelaskan, berdasarkan info awal yang diterimanya, ada tanggul jebol akibat hujan deras yang turun pada Selasa (21/2/2023) sore.

"Hujan mulai jam 5 sore tadi sampai sekarang belum berhenti. Tingginya curah hujan ini menyebabkan beberapa tanggul sungai jebol. Beberapa desa di Driyorejo banjir," jelas Kepala BPBD Gresik Darmawan.

Petugas BPBD Gresik hingga saat ini masih memantau situasi, karena bukan tidak mungkin banjir akan terjadi kembali karena cuaca dan hujan deras yang masih akan mengguyur sejumlah wilayah.

Berdasarkan laporan warga, banjir ini disebabkan oleh tanggul sungai yang jebol, karena tak kuat menahan arus air. (*)

Tombol Google News

Tags:

banjir gresik Cuaca Hujan deras Tanggul jebol