Taman Rekreasi Selecta Ajak Ratusan Anak Yatim Wisata Gratis

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

14 Januari 2024 11:59 14 Jan 2024 11:59

Thumbnail Taman Rekreasi Selecta Ajak Ratusan Anak Yatim Wisata Gratis Watermark Ketik
Anak yatim foto bersama sebelum menikmati Taman Rekreasi Selecta Kota Batu, Minggu (14/1/2024). (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Taman Rekreasi Selecta Kota Batu Jawa Timur mengajak 838 anak yatim berwisata gratis menikmati seluruh wahana yang ada di Taman Rekreasi Selecta Kota Batu, Minggu (14/1/2024).

Acara tersebut itu digelar dalam rangka menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Taman Rekreasi Selecta yang berusia 74 tahun pada 19 Januari 2024 nanti.

Sebelum berwisata, anak yatim dari lembaga sosial kesejahteraan anak (LKSA), pondok pesantren serta dari Desa Tulungrejo dan Desa Punten itu makan bersama terlebih dahulu.

"Berbagi kebahagian ini adalah tradisi tahunan kami setiap peringatan HUT Selecta. Anak anak bebas menikmati semua wahana yang ada di Selecta," kata Direktur Utama PT Selecta, Sujud Hariadi. 

Menurut Sujud, kepedulian terhadap anak yatim itu merupakan wujud rasa syukur. Karena taman yang sudah berumur 74 tahun tersebut tetap bertahan hingga kini. Bahkan menjadi wisata favorit wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu.

"Sebetulnya Selecta sudah hampir seabad. Cuma kami menghitung berdirinya Selecta dari tahun 1950 ketika sahamnya dibeli masyarakat setempat," tambahnya .

Sujud, yang juga menjabat Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu itu menguraikan, sebelum menjadi taman rekreasi, Selecta adalah sebuah kolam renang yang dibangun warga negara Belanda pada 1928.

Kemudian, kolam renang itu dikembangkan dengan membangun beberapa vila dan bungalow.

"Pada saat perang revolusi Selecta dibumihanguskan supaya tidak dikuasai lagi oleh Belanda. Pada tahun 1950, terjadi peralihan kepemilikan dan dibangun kembali oleh 47 tokoh masyarakat yang kemudian dikenal dengan nama PT Selecta," jelasnya.

Hingga kini, Taman Rekreasi yang berada di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu tersebut masih menjadi jujugan wisatawan. Sujud mengutarakan, sepanjang tahun 2023, jumlah kunjungan mencapai 715 ribu wisatawan atau terealisasi 95 persen dari target 750 ribu wisatawan.

"Sehingga kami patut bersyukur Taman Rekreasi Selecta masih bertahan dan terus berkembang. Semoga Selecta bisa terus memberikan kesejahteraan bagi karyawan dam masyarakat sekitar," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Taman Rekreasi Selecta Kota Batu HUT ke 74 Taman Rekreasi Selecta