Sumur Minyak Tradisional di Bojonegoro Terbakar

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Marno

22 Maret 2023 01:50 22 Mar 2023 01:50

Thumbnail Sumur Minyak Tradisional di Bojonegoro Terbakar Watermark Ketik
Ilustrasi sumur minyak tradisional di Bojonegoro. (Foto: Dok.Pemkab Bojonegoro)

KETIK, BOJONEGORO – Sumur minyak tradisional di Desa Hargomulyo Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro terbakar. Sumur minyak tersebut adalah sumur masyarakat.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 10.00 WIB, Selasa (21/03/2023). Dari kebakaran sumur minyak itu satu orang mengalami luka bakar. Korban Ayung (35) warga Kabupaten Purwodadi, Jawa Tengah mengalami luka bakar di bagian tangan.

Menurut keterangan saksi, Mujito (60) warga Desa Wonocolo Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro, kebakaran sumur minyak D 01 Dusun Dangilo Desa Hargomulyo itu diduga adanya kontak api di sekitar sumur.

Korban diduga saat itu sedang menyalakan korek api untuk menyalakan rokok di sekitar sumur. Api kemudian menyulut sumur minyak. Saat berusaha memadamkan api secara manual, tangan korban terkena api hingga melepuh. “Korban berusaha memadamkan api namun terkena api sehingga tangannya mengalami luka bakar,” ujarnya.

Akibat kejadian itu, korban kemudian dibawa ke RSUD Padangan guna penanganan medis lebih lanjut. Sementara, akibat kejadian itu, juga mengakibatkan sejumlah kerusakan pada peralatan sumur.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Bojonegoro Ahmad Gunawan membenarkan adanya kejadian tersebut. Namun api berhasil dipadamkan oleh masyarakat secara manual. 

Sementara Humas PT Pertamina EP Field Cepu Zona 11 Sony Aditya mengungkapkan, sumur yang terbakar tersebut bukan termasuk bagian dari sumur tradisional yang berkontrak dengan Pertamina. Sehingga pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk menjawab.

“Kami sudah melakukan pengecekan di lokasi. Sumur yang terbakar itu tidak termasuk yang berkontrak dengan Pertamina. Bisa dibilang sumur masyarakat dan tidak termasuk yang dikelola PT BBS, BUMD Bojonegoro,” jelasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

sumur minyak Bojonegoro terbakar