Sukses Kembangkan Pertanian, Cianjur Raih Penghargaan dari IFAD

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Gumilang

5 Mei 2024 14:30 5 Mei 2024 14:30

Thumbnail Sukses Kembangkan Pertanian, Cianjur Raih Penghargaan dari IFAD Watermark Ketik
Tim YESS dan IPAD foto bersama Bupati Cianjur (Foto: Humas Pemkab Cianjur)

KETIK, CIANJUR – Penghargaan bergengsi diraih Kabupaten Cianjur. Sukses mengembangkan sektor pertanian, membuat daerah ini mendapat penghargaan dari pemerintah pusat bekerjasama dengan International Fund For Agriculture Development (IFAD).

"Alhamdulillah Kabupaten Cianjur kembali mendapatkan penghargaan dari International Fund For Agriculture Development (IFAD) yang bekerjasama dengan Kementerian Pertanian dan Youth Entreprenuer and Employment Support Services (YESS)," kata Bupati Cianjur, H Herman Suherman dalam keterangan tertulis yang diterima Media Nasional Ketik.co.id, Minggu (05/05/2024).

Dikatakannya, penghargaan ini diberikan langsung oleh Head Country Director IFAD, Mr. Hani Abdelkadir Alsadani didampingi oleh Direktur Program YESS, Dr Idha Widi Arsanti, PM Program YESS, PPIU Jawa Barat, Kepala Dinas TPHPKP Kabupaten Cianjur dan Tim Dit Program YESS Kabupaten Cianjur. 

Menurut Herman, program YESS di Kabupaten Cianjur, telah mendukung para pemuda pedesaan, khususnya yang berasal dari latar belakang ekonomi miskin dan rentan miskin, khususnya dalam beberapa hal.

"Yaitu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemuda untuk memanfaatkan peluang bursa kerja dan usaha pada sektor pertanian, memfasilitasi pemuda dalam akses pasar, memfasilitasi pemuda dalam akses permodalan serta menghasilkan profil SDM pertanian yang profesional, mandiri, berdaya saing dan berjiwa wirausaha," ujarnya.

Dia menyebut beberapa prestasi yang sudah diraih dalam program YESS di Kabupaten Cianjur sejak tahun 2021-2024 yaitu sebagai berikut:
1. Tahun 2021 menjadi Juara 2 Stand Terbaik Agriculture Fair
2. Tahun 2022 menjadi Business Development Services Provider (BDSP) Terbaik tingkat Nasional
3. Mobilizer terbaik tingkat PPIU Jawa Barat
4. Tahun 2023 menjadi Fasilitator Muda Terbaik ke 1 di PPIU Jawa Barat
5. Tahun 2023 menjadi Local Champion Terbaik ke 1 di PPIU Jawa Barat
6. Terbentuknya klaster komoditas dan komoditas unggulan di masing-masing kecamatan yang disahkan melalui Keputusan Bupati Cianjur

Dirinya lantas menambahkan, data petani milenial yang sudah diintervensi pada program regenerasi Petani Milenial di Kabupaten Cianjur, yaitu melalui:
1. Program YESS Kementrian Pertanian = 17.916 orang (94,54%)
2. Program Petani Milenial (Petmil) Jawa Barat = 675 orang (3,56%)
3. Program Petani Milenial Manjur Kabupaten Cianjur = 360 orang (1,90%)
Total = 18.951 orang

"Selamat kepada generasi muda Cianjur yang mengikuti program YESS. Mari jadikan penghargaan ini sebagai motivasi untuk raihan terbaik di masa depan," tuturnya.  (*)

Tombol Google News

Tags:

Herman Suherman YESS IPAD Bupati Cianjur Pemkab Cianjur Cianjur