Suka Konsumsi Tape? Ternyata Ini Manfaat Tape Bagi Kesehatan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

7 Agustus 2023 18:05 7 Agt 2023 18:05

Thumbnail Suka Konsumsi Tape? Ternyata Ini Manfaat Tape Bagi Kesehatan Watermark Ketik
Tape singkong.(Foto: Harianresep.com)

KETIK, JAKARTA – Siapa yang tidak kenal dengan Tape? Tape merupakan salah satu makanan tradisional yang terbuat dari singkong yang difermentasi dengan beberapa mikroorganisme seperti fungi atau jamur. Memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang asam bercampur manis, makanan ini mudah kita temui di berbagai tempat.

Namun mungkin belum banyak orang tahu, ternyata mengkonsumsi tape memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa kandungan baik dalam tape muncul dikarenakan proses fermentasi. Berikut ini kami uraikan beberapa manfaat dari tape, simak penjelasannya.

 

1. Mengontrol Kolesterol Tubuh

Singkong yang sudah mengalami proses fermentasi hingga menjadi tape memiliki kandungan asam organik yang bermanfaat untuk memecah lemak dan kolesterol dalam tubuh. 

Asam lemak ini bekerja dengan mengurangi kadar kolesterol jahat, kemudian memecah lemak agar tidak menumpuk di dalam tubuh dan melancarkan sirkulasi darah.

2. Menyembuhkan Anemia

Tape memiliki kandungan vitamin vitamin B12 dan vitamin B9 yang bermanfaat bagi penderita Anemia atau kekurangan darah. Vitamin tersebut dapat memperbanyak produksi sel darah merah sehingga dapat mencegah atau menyembuhkan Anemia.

3. Baik Untuk Sistem Pencernaan

Bagi Anda yang menderita penyakit sembelit atau susah buang air besar, mengkonsumsi tape bisa menjadi solusi. Hal ini karena tape memiliki kandungan enzim yang bisa meningkatkan asam laktat dan probiotik. 

Kandungan ini bisa memperlancar pencernaan tubuh dan juga mencegah sembelit. Dengan proses buang air besar yang lancar maka tubuh dapat terdetoksifikasi dengan baik.

4. Baik untuk Sistem Syaraf

Tape singkong memiliki kandungan asam amino yang didapatkan dari proses fermentasi. Asam amino memiliki kegunaan merangsang sistem saraf, menguatkan sistem jaringan otot, meningkatkan sistem neuron dan membuat tubuh menjadi lebih berenergi.

5. Menghilangkan Jerawat

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata tape juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Terutama kulit yang berjerawat. Tape memiliki senyawa antioksidan, antibakteri dan inflamasi yang dapat membantu mengatasi jerawat dengan membersihkan racun dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Tidak hanya itu tape juga dapat mengecilkan pori-pori wajah dan membuat wajah lebih bersih.(*)

Tombol Google News

Tags:

Tape singkong Tradisional makanan kesehatan fermentasi