Suci Annisa, Puteri Indonesia Aceh 2024 Bicara Pencegahan Stunting Anak Usia Dini

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

18 Januari 2024 07:26 18 Jan 2024 07:26

Thumbnail Suci Annisa, Puteri Indonesia Aceh 2024 Bicara Pencegahan Stunting Anak Usia Dini Watermark Ketik
Suci Annisa, Puteri Indonesia Aceh 2024 (Foto: Wandi Ruswannur/ketik.co.id)

KETIK, BANDA ACEH – Suci Annisa, akrab dengan panggilan Suci, gadis cantik kelahiran 06 Agustus 1999, resmi ditetapkan sebagai Puteri Indonesia Aceh 2024. Informasi ini didapatkan dari akun media sosial Instagram @puteriindonesia, setelah ia mengikuti seleksi secara offline di Graha Mustika Ratu, Jakarta Selatan.

"Kegiatan sehari-hari, saya bekerja sebagai sekretaris salah satu perusahaan swasta dan menjadi staff Pusdatin di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," kata Suci kepada media online nasional Ketik.co.id melalui pesan singkat Whatsapp, pada hari Kamis (18/01/2024).

Dalam wawancara eksklusif, ditanya perihal advokasi yang selama ini dijalankan, Suci menerangkan kerap melakukan kegiatan yaitu perihal pencegahan stunting pada anak usia dini pada anak di rumah yatim.

"Alasannya, karena saya sendiri seorang anak yang orang tuanya telah tiada. Anak yatim itu dalam segi kasih sayang saja sudah kekurangan, apalagi dalam segi asupan nutrisi," ujar perempuan yang menempuh pendidikan Hospitalty Management serta memiliki hoby modelling, traveling and cooking.

Menurutnya, stunting merupakan sebuah kondisi panjang atau tinggi badan seseorang yang kurang dari normal berdasarkan usia dan juga jenis kelamin. Terjadinya stunting ini juga menunjukkan status gizi yang kurang atau malnutrisi dalam jangka waktu yang lama.

“Stunting bisa menghambat prestasi dan kualitas anak, angkatan kerja, pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kemiskinan, dan juga akan memperlebar kesenjangan kelompok orang kaya dan miskin,” ungkapnya.

Dirinya menyebut, dampak lain dari pertumbuhan stunting yang terus meningkat di Indonesia bagi masyarakat luas yaitu status masyarakat yang miskin, kurang gizi, lemah dan penyakitan.

"Lalu angka kematian yang tinggi, berpendidikan rendah, berpenghasilan minim, kurang daya saing, tidak menguasai sains dan teknologi, kurang produktif dan prestasi, serta rendahnya kemampuan ekonomi, keamanan dan pertahanan bangsa atau negara," bebernya.

Pemilik akun media sosial Instagram @scy_annis menerangkan, bahwa anak-anak tersebutlah bibit penerus bangsa. Jika dalam usia dini saja sudah mengalami stunting, maka tumbuh kembangnya akan tergangu pula dan itu menjadi perhatian baginya.

"Secara khusus, saya sangat berharapan untuk ke depannya terus mampu memberikan segala hal terbaik yang saya pilih berupa kontribusi di dalam lingkungan sekitar dan orang banyak," tandasnya menutup pernyataan.

Sebagai tambahan informasi, prestasi membanggakan dan pengalaman yang pernah diraih oleh Suci, yaitu:
1. Duta Universitas Negeri Padang
2. Brand Ambassador Bank BRI Padang 2019
3. Ambassador klinik kecantikan Kota Padang
4. Hima Universitas Negeri Padang
5. Protokoler Universitas Negeri Padang

Tombol Google News

Tags:

Cantik mahasiswi Suci Annisa Puteri Indonesia Aceh 2024 Pencegahan Stunting Anak Usia Dini Badan Nasional Penanggulangan Bencana Universitas Negeri Padang