Sosok Wawan Saktiawan, dari Komika Terjun ke Politik, Maju Caleg DPRD Jatim

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Rudi

26 Mei 2023 11:32 26 Mei 2023 11:32

Thumbnail Sosok Wawan Saktiawan, dari Komika Terjun ke Politik, Maju Caleg DPRD Jatim Watermark Ketik
Wawan Saktiawan Caleg DPRD Jatim Dapil 6 dari PKS. (Foto: Dok. Pribadi)

KETIK, MALANG – Pemilu 2024 memang masih beberapa bulan lagi, namun gaungnya sudah mulai terasa saat ini. Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menutup pendaftaran pada 14 Mei 2023, banyak bermunculan politikus baru yang berasal dari berbagai latar belakang.

Salah satunya adalah sosok Amir Gunawan atau yang lebih familiar dikenal dengan nama panggung Wawan Saktiawan. Pemuda kelahiran Kediri ini merupakan seorang komika yang pada akhirnya memutuskan terjun di dunia politik.

Ia merupakan Bacaleg DPRD Provinsi Jawa Timur dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk Dapil 6 yang meliputi Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu.

"Saya jadi komika sejak 2012 di Malang saat awal profesi ini booming. Saya suka bidang ini karena sesuai dengan passion saya," ungkap Wawan.

Tidak hanya sekadar menyukai komedi, dirinya sempat mengikuti kompetisi stand up di salah satu stasiun televisi nasional dan berhasil menjadi finalis dan bertanding di Jakarta.

"Dulu tahun 2016 saya sempat ikut kompetisi di TV nasional dan berhasil menjadi finalis hingga ke Jakarta," jelas Wawan.

Berbicara mengenai keputusannya untuk terjun ke dunia politik pada awalnya Wawan tidak pernah terpikir menjadi caleg, meski sebelumnya dirinya sudah aktif di PKS sejak tahun 2008.

Saat diwawancarai oleh jurnalis Ketik.co.id kenapa akhirnya dia terjun ke dunia politik, pertama karena permintaan partai dan kedua dirinya ingin mewarnai pencalegan di dunia perpolitikan Indonesia saat ini.

"Saya memang sudah lama tergabung dengan PKS. Dan pada akhirnya tahun ini saya diminta oleh partai untuk mencalonkan diri. Namun di balik itu saya juga ingin mewarnai perhelatan demokrasi di Indonesia agar tidak kaku kaku amat," katanya.

Berbicara mengenai persiapan dan strategi untuk dapat bersaing dan meraih perolehan suara yang maksimal,  lulusan Teknologi Industri Pertanian Universitas Brawijaya ini menuturkan dirinya akan fokus pada kolaborasi dengan anak-anak muda.

"Berbicara mengenai persiapan karena saya berada di segmen anak muda, tentu saya akan menggandeng anak muda untuk berkolaborasi untuk membuat karya melalui digitalisasi dan mempromosikan potensi dan nilai jual yang ada di dapil saya," ungkapnya.

Sebagai seorang konten kreator Wawan ingin memaksimalkan dunia digital untuk menggaet para anak muda. Terutama anak-anak daerah, melalui digitalisasi mereka bisa sukses menjual segala potensi di daerahnya tanpa harus ke luar kota.

Sebagai pemain baru di dunia perpolitikan tanah air, Wawan tidak ingin terlalu memikirkan bagaimana hasilnya nanti. Dirinya ingin pemilu kali ini bisa berjalan dengan damai dan rileks tanpa ada kekerasan.

"Untuk hasilnya nanti ya kita rileks aja, santai bersaing secara sehat tidak usah pakai kekerasan. Perbedaan pilihan itu hal yang biasa," ujarnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Komika komedi stand up calon legislatif politik Wawan Saktiawan pemilu2024 DPRD Jatim Dapil 6 PKS pilpres2024 Pileg2024