Setelah Mengelilingi 38 Kabupaten/Kota, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Kantor Gubernur Jatim

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

11 Oktober 2023 12:11 11 Okt 2023 12:11

Thumbnail Setelah Mengelilingi 38 Kabupaten/Kota, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Kantor Gubernur Jatim Watermark Ketik
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak menerima Pataka Jer Basuki Mawa Beya di Halaman Kantor Gubernur Jawa Timur. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Setelah berkeliling ke 38 kabupaten kota di Jawa Timur, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya akhirnya tiba di tujuan akhir Kantor Gubernur Jawa Timur. Diterima langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak, Upacara serah terima Pataka Jer Basuki Mawa Beya berjalan dengan khidmat, Rabu (11/10/2023).

Kirab Panji Jer Basuki Mawa Beya merupakan tradisi tahunan menjelang Hari Jadi Provinsi Jawa Timur tanggal 12 Oktober. Sebelumnya pemberangkatan Kirap Pataka dilakukan oleh Gubernur Khofifah pada 24 September 2023, kemudian berjalan mengelilingi setiap pelosok Jawa Timur sebagai simbol persatuan.

Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Timur, Hadi Wawan Guntoro mengatakan dalam perjalanannya Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya ini disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat di tiap daerah di Jawa Timur. Tak hanya sekadar kirab namun acara ini merupakan suatu wujud pemerataan ekonomi dan pembangunan di Jawa Timur yang harus menjangkau setiap wilayah tanpa terkecuali.

"Kirab Pataka ini merupakan simbol persatuan Provinsi Jawa Timur. Jadi sepanjang perjalanan itu kita membunyikan mars Jawa Timur. Termasuk program pemprov dan pemerintah kabupaten/kota," jelas Hadi saat ditemui usai Upacara Kirab Pataka di Kantor Gubernur Jawa Timur, Rabu (11/10/2023).

Foto Kepala Satpol PP Jatim Hadi Guntoro berfoto dengan Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak usai Upacara Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Kepala Satpol PP Jatim Hadi Guntoro berfoto dengan Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak usai Upacara Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Mantan Kepala Biro Organisasi Pemprov Jatim tersebut menambahkan melalui Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya ini terdapat misi mengenai kebangkitan ekonomi, pariwisata dan kebudayaan. Hal ini karena di setiap kedatangannya di suatu daerah akan disambut dengan pawai budaya yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut.

"Jadi ada hal unik saat sampai di suatu kabupaten atau kota, kitab pataka ini akan disambut oleh berbagai acara seperti pawai budaya yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Seperti drum band dan wayang," tambahnya.

Sementara itu, ditemui di tempat yang sama Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak berharap melalui kegiatan ini dapat menjadi penanda rangkaian perayaan HUT Ke 78 Provinsi Jawa Timur. Dirinya ingin semarak hari jadi ini dapat dirasakan oleh berbagai masyarakat di pelosok Jawa Timur. 

"Jawa Timur ini kan satu ya dan terdiri dari 38 kabupaten/kota yang saling terhubung dan mengikat membentuk yang namanya Provinsi Jawa Timur," pungkasnya.

Untuk diketahui, Tema peringatan Hari Jadi Ke-78 Provinsi Jawa Timur tahun 2023, yaitu Optimis Jatim Bangkit, Terus Melaju. Tema tersebut merefleksikan semangat dan tekad Jatim untuk bangkit dalam pembangunan di berbagai bidang yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.(*)

Tombol Google News

Tags:

HUT Jatim Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya persatuan Tradisi Satpol PP Jatim Jawa timur Emil Elistianto Dardak