Sektor Pariwisata Jatim Meningkat 124 Persen Tahun 2022

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Rudi

4 Maret 2023 08:26 4 Mar 2023 08:26

Thumbnail Sektor Pariwisata Jatim Meningkat 124 Persen Tahun 2022 Watermark Ketik
Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Jawa Timur, Hudiyono saat menyampaikan laporan di event Bursa Pariwisata Jawa Timur. (Foto:Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Pariwisata adalah salah satu sektor penting yang dapat mendongkrak perekonomian suatu daerah, Salah satunya Provinsi Jawa Timur. Jawa Timur dikenal memiliki berbagai destinasi wisata yang sangat indah.

Seperti Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran, kota wisata Batu dan masih banyak lagi.

Guna mendongkrak sektor pariwisata di Jawa Timur, Disbudpar Jatim kembali menyelenggarakan Bursa Pariwisata Jawa Timur 2023. Event ini diikuti oleh sekitar 100 peserta yang terdiri atas para pelaku dan pengelola wisata, beserta pemangku kepentingan terkait, seperti penyedia jasa tur, transportasi hingga akomodasi.

Dinas Budaya dan Pariwisata Jatim mencatat pada  2022 pergerakan wisatawan di Jawa Timur naik hingga 124 persen atau total 70 juta wisatawan. Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2021 yang hanya 31 juta wisatawan.

Sedangkan untuk tahun 2023 ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur menargetkan jumlah kunjungan wisatawan di Jatim dapat mencapai 238 juta orang. Untuk mencapai target tersebut pemerintah telah melakukan berbagai hal salah satunya dengan memanfaatkan berbagai event yang ada.

Jawa timur sendiri memiliki 358 event wisata tingkat provinsi dan 8 di antaranya masuk dalam KEN (kharisma event nusantara). Ini juga berpotensi mendatangkan wisatawan sejumlah 7.160.000 (tujuh juta seratus enam puluh ribu) orang. Dan di samping itu masih ada kegiatan-kegiatan wisatawan reguler.Foto Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Jawa Timur, Hudiyono saat menyampaikan laporan di event Bursa Pariwisata Jawa Timur. (Foto:Husni Habib/Ketik.co.id)Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Jawa Timur, Hudiyono saat menyampaikan laporan di event Bursa Pariwisata Jawa Timur. (Foto:Husni Habib/Ketik.co.id)

"Guna mencapai target wisatawan sebanyak 238 juta, sesuai arahan Ibu Gubernur kami akan memaksimalkan sejumlah event. Salah satunya meningkatkan promosi, komunikasi dan menghadirkan promo yang menarik," ungkap Hudiyono selaku kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Jatim.

Bursa Pariwisata Jatim 2023 ini merupakan salah satu contoh upaya Pemprov Jatim untuk mendorong sektor pariwisata agar lebih maju. Selain diikuti oleh 100 Industri pariwisata dari Jawa Timur, event ini juga diikuti 2 destinasi dari Sister Province Jawa Timur yakni Provinsi Osaka dari Jepang dan Gyoengnam dari Provinsi Korea Selatan. Bursa pariwisata menggabungkan kegiatan B to C (Bussiness to Customer) dengan kegiatan B to B (Bussiness to Bussiness).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mendukung kegiatan dalam kegiatan B to B  pada Bursa Pariwisata Jawa Timur, dengan mendatangkan 20 travel agent dari Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Jogjakarta dan Jawa Tengah sebagai buyer, yang diberi nama Misi Penjualan pada Bursa Pariwisata Jawa Timur.(*)

Tombol Google News

Tags:

pariwisata Ekonomi wisatawan Bursa Pariwisata Jatim