Segera Diberlakukan Bayar Tol Tanpa Berhenti

Jurnalis: Kuncoro S.
Editor: Rudi

6 Februari 2023 06:57 6 Feb 2023 06:57

Thumbnail Segera Diberlakukan Bayar Tol Tanpa Berhenti Watermark Ketik
Gerbang Tol Masuk di Demak yang sering terjadi antrean panjang di saat jam kerja (Foto : Kuncoro S)

KETIK, SURABAYA – Pengelola jalan tol secara resmi segera meningkatkan pelayanan terhadap pengendara yang melalu jalan bebas hambatan ini. Pengendara R 4 yang biasa masuk gerbang pintu tol menggunakan kartu, nantinya pengendara R4 lewat gerbang pintu tol tanpa menempelkan kartu tol lagi.

Bayar tol tanpa berhenti ini untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi pintu gerbang masuk. Kemacetan di pintu gerbang masuk ini biasa terjadi pada saat jam kerja atau truk tronton yang akan membawa barang ke pelabuhan dan sebaliknya.

Sumber yang diperoleh Ketik.co.id menjelaskan bahwa Implementasi sistem transaksi tol nontunai nirsentuh (Multi Lane Free Flow/MLFF) rencananya akan berlangsung dalam waktu dekat. Implementasi sistem MLFF diharapkan dapat menghilangkan antrean di gerbang tol.

"Bayar tol tanpa sentuh lewat multi lane free flow (MLFF) segera diimplementasikan secara bertahap," tulis Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam unggahan video di akun Twitter resmi, dikutip Selasa (31/1/23).

BPJT mengklaim, MLFF yang menggunakan satelit navigasi GNSS akan mengurangi antrean kendaraan, mempermudah transaksi dengan beragam pilihan, sampai mengurangi polusi.

Selain itu, adanya Gantry di beberapa titik ruas tol untuk memastikan tidak ada pelanggaran.

Adapun transaksi untuk sistem tol MLFF beragam. Bisa dengan cara mendownload aplikasi Cantas atau membeli tiket elektronik sekali jalan. Cara lainnya bisa juga menggunakan OBU (on board unit).

Berdasarkan pertimbangan, uji coba perdana bakal dilakukan di Tol Bali-Mandara. Salah satunya karena kondisi geografis Bali yang merupakan pulau sehingga arus lalu lintas kendaraannya lebih mudah terkontrol.

"Implementasi MLFF ini akan diuji coba dulu karena tol Bali-Mandara memiliki jarak yang pendek," kata Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian kepada salah seorang jurnalis.

Dalam upaya untuk meningkatkan layanan pengguna jalan tol, pihak pengelola melakukan pembenahan di beberapa jalan tol. Misalnya Tol Surabaya – Malang.

Rambu-rambu petunjuk jalan telah disempurnakan. Bagi pengendara yang meneruskan perjalanan sejauh 1 km terpampang rambu yang jelas. Besar tulisan di rambu tersebut berukuran besar. Sedangkan warna untuk rambu keluar tol dan meneruskan perjallan ada warna cat yang berbeda.

Semua rambu petunjuk jalan yang dicat berbeda. Nah, diharapkan pengguna jalan tol tidak bingung. Sementara di dekat gerbang tol masuk ada tulisan peringatan berbunyi: “Pastikan saldo Anda cukup”. Rambu laju kecepatan di ruas tol juga mendapat perhatian. (*)

Tombol Google News

Tags:

Gerbang TOL masuk mlff