Sedang Berdiet dan Ingin Hindari Nasi, 5 Makanan Ini Bisa Jadi Alternatif

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

17 Mei 2024 08:01 17 Mei 2024 08:01

Thumbnail Sedang Berdiet dan Ingin Hindari Nasi, 5 Makanan Ini Bisa Jadi Alternatif Watermark Ketik
Ilustrasi Jagung. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan pasgi kebanyakan akan menghindari konsumsi nasi putih. Hal ini karena selama ini nasi putih dianggap sebagai salah satu penyebab kenaikan berat badan.

Hal ini memang tidak sepenuhnya salah, nasi putih yang merupakan makanan pokok orang Indonesia memang merupakan sumber karbohidrat yang memiliki kandungan kalori cukup tinggi.

Belum lagi, nasi putih mengandung karbohidrat sederhana yang dapat dengan mudah dicerna. Hal ini membuat tubuh menjadi cepat lapar.

Berangkat dari hal tersebut mungkin beberapa makanan pokok ini bisa dijadikan alternatif pengganti nasi, selain lebih sehat, makanan tersebut juga memiliki kandungan kalori lebih rendah daripada nasi putih.

1. Ubi

Ubi merupakan bahan makanan yang tidak asing bagi orang Indonesia. Ubi sendiri banyak ditanam di kebun penduduk dan mudah ditemui di pasaran. Ubi mengandung karbohidrat komplek yang membuat kenyang lebih lama. Selain itu kandungan seratnya yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. 

Foto Singkong. (Foto: Pexels)Singkong. (Foto: Pexels)

2. Singkong

Sama seperti Ubi, Singkong memiliki kandungan yang mirip, seperti sumber karbohidrat dan kaya akan serat. Tak hanya itu, singkong juga mengandung berbagai nutrisi lain yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti melindungi kesehatan kardiovaskular dan mengurangi risiko sindrom metabolik

3. Quinoa

Quinoa merupakan makanan berbentuk biji-bijian mirip kacang. Quinoa juga sering disebut sebagai 'superfood' untuk menurunkan berat badan. Makanan ini sudah tidak asing bagi para orang yang ingin menurunkan berat badan.

Foto Biji Quinoa. (Foto: Pexels)Biji Quinoa. (Foto: Pexels)

Quinoa memiliki kandungan karbohidrat, serat, protein yang yang tak kalah penting rendah gluten. Sehingga makanan ini aman dikonsumsi oleh pwnderita diabetes.

4. Nasi Merah

Jika anda tidak ingin mengkonsumsi nasi putih, mungkin nasi merah bisa menjadi pilihan tepat. Makanan ini masih memiliki struktur yang sama dengan nasi putih, akan teyapi lebih rendah kalori. Selain itu nasi merah juga kaya akan serat sehingga dapat memperlancar sistem pencernaan. 

5. Jagung

Jagung merupakan makanan pokok yang bisa dikonsumsi untuk menggantikan nasi. Jagung memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap seperti seperti vitamin B1, B3, B5, B9, vitamin C, serat, magnesium, dan fosfor.

Makanan ini juga bisa mencegah kenaikan gula darah secara drastis karena memiliki indeks glikemik yang tinggi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Makanan pengganti nasi karbohidrat Indeks glikemik Gluten diet Ubi singkong Quinoa Jagung Nasi Merah