Sebelum Puasa, Pedagang Pasar Pagi Kota Batu Pindah ke Pasar Induk Among Tani

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

5 Maret 2024 11:00 5 Mar 2024 11:00

Thumbnail Sebelum Puasa, Pedagang Pasar Pagi Kota Batu Pindah ke Pasar Induk Among Tani Watermark Ketik
Kondisi Pasar Pagi di Stadion Brantas Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pedagang Pasar Pagi di Stadion Brantas Kota Batu Jawa Timur akan segera dipindahkan ke Pasar Induk Among Tani sebelum Bulan Puasa Ramadan. Para pedagang nantinya berjualan di halaman selatan Pasar Induk dengan waktu yang telah ditentukan.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu Aries Setiawan mengatakan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan sarana prasarana yang ada di Pasar Induk Among Tani.

"Target kami bulan Maret ini, atau sebelum puasa para pedagang bisa pindah ke Pasar Induk Among Tani," katanya, Selasa (5/3/2024). Menurut Aries, pedagang pasar pagi akan ditempatkan di halaman selatan Pasar Induk dan di sekitar pasar sayur.

Mereka akan mulai berjualan dari pukul 23.00 WIB hingga 07.00 WIB. Pada pukul 07.00 itu area halaman pasar induk harus sudah bersih dari aktivitas berdagang pasar pagi.

“Kami masih komunikasikan harapan pedagang untuk pengadaan lincak. Hal ini supaya lebih ringkas saat tutup, tinggal dilipat-lipat. Dan lebih aman untuk menyimpan barang dagangan," ujarnya.

Aries menuturkan ada total 1.097 pedagang pasar pagi di Stadion Brantas. Namun, pihaknya akan memindahkan 1.054 pedagang. Hal itu berdasarkan verifikasi bahwa ada beberapa pedagang yang sudah meninggal atau sudah tidak aktif berjualan lagi.

"Setelah dipindah nanti, kami berharap pedagang dapat berjualan sesuai zonasi masing-masing," urai Aries. Untuk diketahui, pedagang Pasar Pagi di lahan relokasi Stadion Brantas yang mengeluhkan kondisi pasar relokasi tersebut.

Banyak atap lapak yang terbuat dari terpal sudah mulai rusak. Pun begitu, dengan jalan yang becek ketika diguyur hujan. Genangan air ada dimana mana karena Jalan di area pasar relokasi itu berupa tanah. 

Pemandangan di dalam pasar juga sama, becek dimana mana menyatu dengan sampah limbah sisa jualan pedagang. Karena pasar pagi di Stadion Brantas itu didominasi oleh pedagang perancangan sayuran yang melayani pedagang sayur keliling atau pedagang warung. (*)

 

 

 

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Pasar Pagi Stadion Brantas relokasi Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu Pemkot Batu Pasar Induk Among Tani