Sambut Nataru, Petugas Terminal Tawang Alun Jember Intens Lakukan Ramp Check

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa

21 Desember 2023 14:47 21 Des 2023 14:47

Thumbnail Sambut Nataru, Petugas Terminal Tawang Alun Jember Intens Lakukan Ramp Check Watermark Ketik
Petugas intensif melakukan ramp check transportasi darat menjelang Nataru, Kamis (21/12/2023) (Foto: Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Tawang Alun Jember)

KETIK, JEMBER – Dalam rangka meningkatkan keselamatan transportasi penumpang moda angkutan darat pada libur hari Natal dan tahun baru (Nataru), petugas terminal tipe A Tawang Alun Jember secara intensif melakukan ramp check.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Tawang Alun Jember, Pudjiono mengatakan tujuan dari ramp check ini untuk memastikan bahwa kendaraan yang digunakan untuk transportasi publik di Kabupaten Jember memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan.

“Setiap hari ramp check memang dilakukan, namun persiapan Nataru mulai intensif dilakukan sejak November sampai Desember atau sampai selesai kegiatan nataru,” kata Pudjiono saat ditemui di Terminal Tawang Alun, Jember, Kamis (21/12/2023) sore.

Selama ramp check, petugas memeriksa berbagai aspek kendaraan, termasuk sistem rem, lampu, kaca spion, dan kondisi umum dari bus tersebut. Selain itu, petugas juga memeriksa dokumen kendaraan dan dokumen pengemudi, seperti surat izin mengemudi.

Ramp check ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi risiko kecelakaan dalam transportasi publik. Dengan memastikan bahwa kendaraan yang digunakan memenuhi standar keselamatan dan siap untuk dipakai selama musim libur Nataru.

Pudjiono menambahkan, bila ada kendaraan yang dinyatakan tidak layak jalan maka tidak diperbolehkan beroperasi. “Jika ditemukan unsur ketidaklayakan ringan harus segera diperbaiki,” tuturnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Nataru Terminal Tawang Alun Jember intensif ramp check transportasi darat