Sambut Mudik Lebaran 2023, KAI Daop 9 Cek Lintasan Rel

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Rudi

5 April 2023 08:58 5 Apr 2023 08:58

Thumbnail Sambut Mudik Lebaran 2023, KAI Daop 9 Cek Lintasan Rel Watermark Ketik
Perbaikan perlintasan rel kereta api oleh KAI Daop 9 di Lintas Jember-Semanggi (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Menyambut mudik lebaran 2023, PT KAI Daop 9 Jember melakukan pengecekan sekaligus perbaikan rel kereta api di sejumlah titik kerusakan yang ditemukan di wilayah Jember.

Seperti di perlintasan rel kereta api KM 193 + 67 Lintas Jember-Semanggi, Selasa (4/4/2023) sejumlah petugas dikerahkan untuk melakukan perbaikan rel.

PT KAI Daop 9 Jember melakukan mapping ulang guna mendeteksi dini kerusakan perlintasan rel kereta api akibat perubahan kontur tanah. Serta dilakukan pengukuran secara berkala untuk keamanan dan keselamatan kereta api yang melintas.

Azhar Zaki Assjari selaku Humas PT KAI Daop 9, kegiatan perbaikan perlintasan rel kereta api rutin dilakukan apalagi saat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H. “Supaya perjalanan kereta api pada masa angkutan Lebaran dapat berjalan lancar dan terkendali,” tuturnya.

Fokus utama perbaikan pergeseran atau perubahan kontur tanah ini dilakukan akibat dari curah hujan cukup tinggi yang mengguyur Jember beberapa bulan terakhir.

Selain melakukan perbaikan dan perawatan, PT KAI Daop 9 Jember juga mewaspadai terjadinya bencana alam yang akan berdampak pada rel kereta api, seperti banjir dan longsor. Di wilayah Jember bencana alam yang kerap terjadi adalah luapan air sungai.

Mengantisipasi terjadinya kecelakaan kereta api akibat bencana alam, PT KAI Daop 9 akan menempatkan sejumlah petugas yang disebar pada beberapa titik rawan bencana alam untuk mengawasi jika terjadi gangguan alam.

“Sehingga bisa mengabarkan langsung kepada pusat kendali kereta api, supaya kereta api bisa segera berhenti dan tidak terjadi kecelakaan akibat bencana alam,” ujar pria berkacamata itu.(*)

Tombol Google News

Tags:

Mudik Lebaran 2023 KAI Daop 9 Jember perbaikan rel kereta api