Sambut Hari Jadi ke-1263, Pemkab Malang Gelar Zikir dan Doa Bersama

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

27 November 2023 13:42 27 Nov 2023 13:42

Thumbnail Sambut Hari Jadi ke-1263, Pemkab Malang Gelar Zikir dan Doa Bersama Watermark Ketik
Pemkab Malang saat menggelar Dzikir dan Doa Bersama dalam rangka Hari Jadi ke 1263 Kabupaten Malang. (Foto : Prokopim Kabupaten Malang)

KETIK, MALANG – Pemkab Malang menggelar zikir dan doa bersama menyambut Hari Jadi ke-1263 Kabupaten Malang. Zikir dan doa bersama dilakukan di Peringgitan Pendapa Agung Kabupaten Malang, Senin (27/11/2023).

Wabup Malang Didik Gatot Subroto bersama para pejabat dan Kepala OPD Pemkab Malang mengikuti zikir dan doa bersama tersebut. Kegiatan yang penuh khidmah ini diawali dengan pembacaan istigasah, tahlil dan surah Yasin.

Wabup Malang Didik Gatot Subroto mengatakan, zikir dan doa bersama menjadi salah satu upaya batiniah untuk memupuk rasa solidaritas dan persaudaraan antar seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Malang.

“Melalui momentum ini kita diajak untuk kembali mengingat segala capaian selama satu tahun ke belakang, agar dapat dijadikan media instrospeksi dan evaluasi, serta mempersiapkan diri sekaligus berupaya melakukan langkah perbaikan dalam satu tahun ke depan," ujar Didik Gatot Subroto.

Bupati Malang Sanusi ketika berziarah ke Makam Bupati Malang terdahulu. (Foto: Prokopim Kabupaten Malang).

Lebih lanjut ia mengatakan, melalui dzikir dan doa bersama ini sekaligus meningkatkan tali silaturahmi jelang momen istimewa Hari Jadi ke-1263 Kabupaten Malang.

"Sisi lain juga ada makna mendalam yang harus kita sadari bahwa persaudaraan dan kebersamaan seperti ini adalah kunci penting, untuk mewujudkan masyarakat yang rukun, damai dan sejahtera," kata Didik yang juga Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang.

Namun yang lebih penting, kata ia, kegiatan hari ini menjadi salah satu perwujudan rasa syukur atas rahmat dan karunia Allah SWT berupa kesehatan, kekuatan, kemakmuran, ketenteraman, dan kedamaian.

"Perlu kita sadari, bahwasanya usaha dan doa adalah satu kesatuan yang dapat menjadi kunci keberhasilan dan harus berjalan beriringan. Usaha tanpa doa adalah kesombongan, sedangkan doa tanpa disertai usaha adalah kesia-siaan,” terangnya.

Selain zikir dan doa bersama, Pemkab Malang juga mengadakan ziarah ke Makam Bupati Malang terdahulu dan para pendiri Kabupaten Malang. Ziarah dilakukan oleh Bupati Malang Sanusi di Makam Ki Ageng Gribig Kota Malang.

Sedangkan Hari Jadi ke-1263 Kabupaten Malang jatuh pada Hari Selasa (28/11/2023) besok. Berbagai kegiatan diadakan mulai dari upacara hingga Sidang Paripurna Istimewa.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pemkab Malang Kabupaten Malang Bupati Malang Hari Jadi ke 1263 Kabupaten Malang