Salurkan Hak Suara di KBRI Bangkok, WNI: Pencoblosan Berjalan Lancar

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Mustopa

14 Februari 2024 09:37 14 Feb 2024 09:37

Thumbnail Salurkan Hak Suara di KBRI Bangkok, WNI: Pencoblosan Berjalan Lancar Watermark Ketik
Rima (nomor dua dari kanan) bersama teman-temannya setelah mencoblos di KBRI Bangkok (Foto: dok.narasumber untuk Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Thailand telah melakukan pemungutan suara di KBRI Bangkok, Minggu (11/2/2024). Proses pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) Bangkok ini berjalan lancar, kondusif, dan aman.

"Pemilu kemarin berlangsung tenang dan aman ya. Antrinya juga sedikit jadi kondusif dan tidak molor," ungkap Afridah Ikrimah, mahasiswa Chulalongkorn University, Senin (12/2/2024).

Datang bersama beberapa orang temannya, perempuan yang akrab disapa Rima ini mengaku senang bisa mengikuti pemilu langsung di KBRI Bangkok yang berjarak 1.7 KM dari tempat tinggalnya.

“Saya datang langsung ke TPSLN kira-kira sekitar jam 1 an. Lokasinya di dalam KBRI, tepatnya di dalam GOR Sekolah Indonesia Bangkok, dan saya kebagian TPS 01 dari total 2 TPS,” terangnya.

Sebagai informasi, pemilu 2024 di Thailand ini dilakukan menggunakan 3 cara. Ada yang datang langsung ke TPSLN Bangkok, melalui Kotak Suara Keliling (KSK), dan  Kotak Suara Pos (KSP) yang dikirim ke tempat tinggal masing-masing.

“Beberapa WNI ada yang pakai Kotak Suara Keliling dan ada yang pakai pos yang dikirim ke kos masing-masing,” ujar mahasiswa 25 tahun itu.

Sediakan Bazar

Ia menceritakan di KBRI ada bazar yang turut memeriahkan pesta demokrasi ini. Bazar-bazar tersebut menjual berbagai makanan dan minuman khas Indonesia, seperti bakso, sate, es cendol, es Teh Sisri, Marimas, dan lain-lain.

“Di sana ada bazar yang menjual makanan minuman khas Indonesia. Jadi kemarin kita sempat beli bakso juga,” tutur Rima.

Di sekitar KBRI, lanjutnya, bahkan banyak juga yang piknik, anak-anak kecil bermain bola, dan anak-anak lainnya bermain di taman. Jadi situasi waktu pemilu 2024 berlangsung memang sangat kondusif dan aman.

Foto Suasana pemungutan suara di KBRI Bangkok (Foto: dok.narasumber untuk Ketik.co.id)Suasana pemungutan suara di KBRI Bangkok (Foto: dok.narasumber untuk Ketik.co.id)

Sempat Alami Kebingungan

Ia mengaku sempat mengalami kebingungan saat mengurus persyaratan administratifnya. Namun ia menjadi terbantu dengan informasi yang disediakan Panitia Pemilihan Luar Negeri Bangkok (PPLN) di akun resmi PPLN Bangkok, Thailand.

“Awalnya sempat bingung ngurusnya. Tapi saya sangat terbantu dengan informasi yang ada di Instagram PPLN. Karena lengkap, dan panitianya sangat interaktif kalau ada pertanyaan di WA atau IG,” ungkapnya saat dihubungi via telepon.

Tak lupa, ia juga menceritakan sebelum pencoblosan berlangsung, panitia yang bekerjasama dengan Perhimpunan Mahasiswa Thailand sudah melakukan sosialisasi masif terkait pemilu kepada mahasiswa di beberapa universitas yang ada di Thailand.

“Kalau di kampus saya, sosialisasinya bersamaan dengan pertemuan pertama mahasiswa baru,” terang mahasiswa asal Pasuruan tersebut.

Meski begitu, kendala tersebut tidak menyurutkan semangat dan antusiasmenya mengikuti pemilu 2024. “Antusiasme di sini sangat luar biasa, saya antusias sekali,” paparnya.

Ia berharap pemilu kali ini berjalan aman dan nyaman tanpa adanya konflik dan kecurangan. “Siapapun pemimpinnya kelak semoga bisa membawa Indonesia menjadi negara maju dan berkeadilan,” ungkapnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

KBRI Bangkok pemilu 2024 Mahasiswa di Thailand WNI di Thailand