Safari ke Tempat Bersejarah, Cara Siswa SMA Al-Muslim Isi Ramadan

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

5 April 2024 13:45 5 Apr 2024 13:45

Thumbnail Safari ke Tempat Bersejarah, Cara Siswa SMA Al-Muslim Isi Ramadan Watermark Ketik
Safari Ramadan SMA Al-Muslim Jatim di tempat bersejarah. (Foto: Humas Al Muslim)

KETIK, SURABAYA – Safari Ramadan di tahun kali ini, siswa dan siswi SMA Al- Muslim Jawa Timur melakukan perjalanan ke sejumlah tempat bersejarah. Mulai dari Masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya, Museum Islam Indonesia K.H Hasyim Asy’ari Jombang, Kampung Ramadan Alun-Alun Sidoarjo hingga Masjid Agung Al-Anwar Pasururan.

Mereka mengeksplorasi keunikan tempat yang mereka kunjungi. Di antaranya Masjid Rahmat Kembang Kuning yang identik dengan masjid tertua di Surabaya.

Selain itu, Museum Islam Indonesia K.H. Hasyim Asy’ari dengan barang bersejarahnya, Kampung ramadan Alun-Alun Sidoarjo dengan makanan takjil khas ramadan dan yang terakhir Masjid Agung Al-Anwar yang memiliki payung madinah sebagai salah satu icon kota Pasuruan.

Di dalam Safari Ramadan ini para siswa juga mendapatkan kesempatan membuat video pendek bersama tim kreatif sekolah yang nantinya video pendek tersebut akan ditayangkan di sosial media SMA Al Muslim.

Kepala Sekolah SMA Al- Muslim Jatim Dr. Mahmudah, menjelaskan hal ini juga dapat memantik rasa ingin tahu siswa dengan sejarah dan budaya  islam yang ada disekitarnya.

"Rasa ingin tahu tersebut dapat membuat siswa ingin belajar lebih dalam tentang sejarah islam dan akhirnya dapat mempertahankan budaya yang sudah ada," ujarnya ditulis pada Jumat (5/4/2024).

Menurutnya, kegiatan Safari Ramadan seperti ini melestarikan budaya Islam menjadi hal yang wajib dilakukan oleh ummat Islam agar budaya tersebut tidak punah.

"Selain itu rangkaian kegiatan safari  ramadan yang dilakukan siswa SMA Al Muslim menjadi bagian dari syiar Islam," pungkasnya. (*)
 

Tombol Google News

Tags:

Safari Ramadan SMA Al Muslim SMA Al- Muslim Jawa Timur tempat bersejarah Masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya Museum Islam Indonesia K.H Hasyim Asy’ari Jombang