Sabet 3 Emas Panahan, Mahasiswa UIN KHAS Bagikan Kunci Sukses

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

5 Juni 2023 06:21 5 Jun 2023 06:21

Thumbnail Sabet 3 Emas Panahan, Mahasiswa UIN KHAS Bagikan Kunci Sukses Watermark Ketik
Indana Zulfa, atlet panahan tradisional asal Jember memenangkan medali emas di Forda 1 Jawa Timur (Foto: dok. Indana Zulfa)

KETIK, JEMBER – Meraih tiga emas sekaligus dalam sebuah perlombaan bukan hal mudah. Namun juga bukan tidak mungkin.

Indana Zulfa, Atlet panahan tradisional asal Jember membuktikannya. Dia menyabet 3 medali emas pada Festival Olahraga Rekreasi Daerah (Forda) 1 tingkat Provinsi Jawa Timur yang digelar akhir Mei lalu.

Indana meraih tiga medali emas pada kategori perorangan 30 meter dewasa putri, 40 meter dewasa putri, dan akumulasi 50, 40, 30 meter dewasa putri.

Dalam wawancara dengan Ketik.co.id, Indana mengatakan bukan hal mudah bertanding Forda 1 Jatim di Malang. Banyak hal yang dikorbankan untuk meluangkan waktu selama latihan rutin.

Apalagi inorga Persatuan Panahan Tradisional (Perpatri) di Jember baru terbentuk 3 bulan. Indana sendiri sudah menggeluti olahraga panahan sejak 3 tahun lalu.

Foto Indana Zulfa saat bertanding di Forda 1 Jawa Timur (Foto: Indana Zulfa)Indana Zulfa saat bertanding di Forda 1 Jawa Timur (Foto: dok. Indana Zulfa)

Di tengah kesibukan sebagai mahasiswa aktif Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, atlet yang juga asisten pelatih panahan tradisional Jember itu masih sempat menjalankan bisnisnya. Itu menjadi tantangan tersendiri bagi dirinya.

"Fokus dan waktu sangat terbagi-bagi, jadi saya harus menyempatkan latihan memanah walaupun sebentar," ungkap Indana.

Fokus, disiplin, dan rajin latihan akhirnya yang menjadi kunci sukses Indana dalam mempersiapkan diri di perlombaan panahan tradisional ini.

"Latihan memanah kering untuk melatih otot-otot dan imaginary training, yaitu latihan membayangkan saat memanah untuk meningkatkan mental dan kestabilan," ujarnya.

Di samping kegigihannya berlatih, Indana merasa sangat terbantu dengan dukungan beberapa pihak hingga dirinya dapat membawa nama baik Jember.

"Saya berterima kasih dengan pelatih saya, pihak UIN KHAS Jember yang memfasilitasi lapangan untuk saya berlatih dari berbagai jarak, dan Kormi Jember yang memberikan akomodasi selama Forda 1 Jatim kemarin," terangnya.

Indana akan lanjut mewakili Jawa Timur di gelaran Fornas 2023 di Jawa Barat mendatang. Indana mengatakan akan berlatih lebih keras untuk memberikan yang terbaik kepada Jember.(*)

Tombol Google News

Tags:

Medali Emas Indana Zulfa Panahan tradisional Perpatri KORMI Jember Kormi Forda 1 Jawa Timur UIN KHAS Jember Kunci sukses