Resmikan Poskal, Gubernur Khofifah Harapkan Dapat Jadi Pusat Ilmu Astronomi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

20 Oktober 2023 12:07 20 Okt 2023 12:07

Thumbnail Resmikan Poskal, Gubernur Khofifah Harapkan Dapat Jadi Pusat Ilmu Astronomi Watermark Ketik
Gubernur Khofifah saat meresmikan Poskal di Kabupaten Lamongan. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, LAMONGAN – Gubernur Khofifah meresmikan gedung Planetarium dan Observatorium Astronomi Karangasem Lamongan (Poskal) di Desa Sendang Agung, Paciran, Kab. Lamongan, Jumat (20/10/2023).

Nantinya fasilitas Poskal diharapkan mampu mendukung proses eksperimentasi dari implementasi ilmu astronomi, seperti membantu proses rukyatul hilal atau penentuan awal bulan Hijriyah melalui pemantauan munculnya bulan.

Gubernur Khofifah mengatakan walaupun peralatan di gedung Poskal belum lengkap, nantinya diharapkan dapat segera dilengkapi agar proses penelitian dan pembelajaran dapat segera dilakukan. 

"Sambil menunggu alatnya dilengkapi, tapi proses eksperimentasinya nanti di sini. Jadi nyambung antara ilmu dan amal.," jelas Khofifah, Jumat (20/10/2023).

Khofifah menambahkan perlu adanya master plan yang mampu mendetailkan beberapa titik yang perlu mendapatkan dukungan utamanya di sisi luar. Tujuannya agar segera bisa ditindaklanjuti sehingga akan lebih menarik perhatian dan minat masyarakat luar untuk berkunjung ke gedung ini.

"Master plan-nya bisa segera disiapkan, tidak lama-lama biar spot-spot mana yang bisa di-support Pemprov bisa lebih komprehensif, karena kerja itu tidak boleh setengah-setengah," tambahnya.

Foto Gubernur Khofifah saat meninjau Gedung Poskal yang baru saja diresmikan.(Foto: Humas Pemprov Jatim)Gubernur Khofifah saat meninjau Gedung Poskal yang baru saja diresmikan.(Foto: Humas Pemprov Jatim)

Selain menjadi fasilitas pembelajaran dan penelitian diharapkan gedung Poskal dapat menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Lamongan. Pemprov juga akan membangun miniatur ka'bah dan dan bukit Shafa dan Marwah, yang nantinya diharapkan akan menarik minat masyarakat untuk berkunjung.

"Lokasi ini akan menjadi sentra destinasi wisata religi karena akan ada prototipe Ka'bah. Juga jadi prototipe sai, karena ada Shafa Marwah,"katanya.

Senada dengan Gubernur Khofifah, Pengasuh Ponpes Karangasem Drs. KH. Abd. Hakam Mubarrok, Lc. M.Pd menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemprov Jatim atas dukungannya dalam membangun Poskal ini. Dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektar dan menelan biaya lebih dari Rp5 miliar. 

"Kami berterimah kasih kepada Pemprov Jatim berkat dukungannya yang luar biasa, sehingga fasilitas ini dapat berdiri. Semoga kedepannya dapat bermanfaat bagi pengetahuan," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Gubernur Khofifah Poskal Lamongan Ilmu Astronomi Pengetahuan Destinasi wisata