Resmikan LRT Jabodebek, Jokowi Ingin Masyarakat Beralih ke Transportasi Massal

Jurnalis: Mustopa
Editor: Muhammad Faizin

28 Agustus 2023 10:08 28 Agt 2023 10:08

Thumbnail Resmikan LRT Jabodebek, Jokowi Ingin Masyarakat Beralih ke Transportasi Massal Watermark Ketik
Presiden Joko Widodo saat meresmikan LRT Jabodebek (Foto: twitter @jokowi)

KETIK, JAKARTA – Presiden Joko Widodo alias Jokowi meresmikan moda transportasi Lintas Rel Terpadu (LRT ) Jabodebek. Peresmian berlangsung di Stasiun LRT Cawang, Jakarta pada Senin (28/8/2023). 

LRT Jabodebek memiliki 18 stasiun yang terbagi dalam dua lintas pelayanan yakni Cibubur Line dan Bekasi Line.

Cibubur Line melayani perjalanan dari Stasiun Harjamukti di Depok, Jawa Barat, menuju Stasiun Dukuh Atas di Jakarta. Sementara Bekasi Line beroperasi dari Stasiun Jati Mulya di Kabupaten Bekasi menuju Stasiun Dukuh Atas.

”Alhamdulillah LRT juga sudah siap dioperasikan, baik yang dari Harjamukti di Cibubur dan dari Bekasi ke Jakarta sepanjang 41,2 kilometer,” ungkap Presiden Jokowi dalam keterangannya, Senin (28/8/2023).

Kehadiran LRT Jabodebek untuk mengurangi kemacetan di Jakarta sekaligus menurunkan polusi. Karena itu, Presiden Jokowi meminta agar masyarakat beralih ke transportasi massal seperti moda yang baru diresmikan.

”Kita selalu masuk sebagai 10 besar kota yang termacet di dunia. Setiap hari masuk 996 ribu kendaraan ke Jakarta,” mantan Gubernur DKI Jakarta menambahkan.

”Kita harapkan masyarakat berbondong-bondong beralih ke LRT, baik dari Cibubur dan sekitarnya maupun Bekasi dan sekitarnya sehingga kemacetan di jalan bisa kita hindari dan juga polusi bisa kita kurangi,” harapnya.

Sebagai informasi, LRT Jabodebek menghabiskan anggaran sebesar Rp32,6 triliun. Moda transportasi ini akan memperbanyak pilihan kendaraan umum di Jakarta setelah Moda Raya Terpadu (MRT), Kereta Rel Listrik (KRL), TransJakarta, hingga kereta bandara.(*)

Tombol Google News

Tags:

Jokowi Joko Widodo Presiden Jokowi LRT Jabodebek Transportasi massal Lintas Rel Terpadu