Resmi! Wali Kota Eri Cahyadi Ubah Eks TRS Jadi Pusat Seni dan Budaya Surabaya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

18 Agustus 2024 05:06 18 Agt 2024 05:06

Thumbnail Resmi! Wali Kota Eri Cahyadi Ubah Eks TRS Jadi Pusat Seni dan Budaya Surabaya Watermark Ketik
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Wakil Wali Kota Surabaya Armuji saat meresmikan SBEC di eks lahan TRS. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Bertepatan dengan momen HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama wakilnya Armuji meresmikan Surabaya Expo Center (SBEC) di lahan eks Taman Remaja Surabaya (TRS), Sabtu (17/8/2024) malam.

Dihadiri artis kenamaan asal Surabaya Ita Purnamasari dan Roy Jeconiah, acara peresmian ini dipadati ribuan masyarakat yang ingin menikmati sajian konser musik dan pasar rakyat di SBEC.

Wali Kota Eri mengatakan bahwa kawasan eks TRS ini menyimpan sejarah dan kenangan bagi warga Kota Surabaya. Oleh sebab itu melalui peresmian SBEC ini, ia berharap dapat kembali menghidupkan memori warga Surabaya akan pusat hiburan.

"Kini hadir dengan wajah baru. SBEC akan menjadi pusat aktivitas seni dan budaya, serta tempat bertemunya kreativitas dan inovasi," jelas Eri, Sabtu (17/8/2024).

"Semoga setelah ini, SBEC bisa digunakan dan banyak yang datang ke sini,”imbuhnya.

Eri menambahkan pembukaan kawasa eks TRS akan dilakukan secara bertahap. Untuk saat ini area yang dibuka baru seluas 1,7 hektare yang diperuntukkan bagi konser outdoor. Nantinya pada tahun 2025 akan dibuka area konser indoor dengan luas sekitar 2,7 hektare.

Foto Kemeriahan warga Surabaya yang memadati pembukaan SBEC. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)Kemeriahan warga Surabaya yang memadati pembukaan SBEC. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)

Dengan demikian, SBEC memiliki dua pilihan, area terbuka (outdoor) dan tertutup (indoor). Selain fasilitas konser, SBEC juga hadir untuk menggerakkan ekonomi warga sekitar dengan mewadahi UMKM.

“Konser silahkan, slalom (uji ketangkasan berkendara) silahkan, pokoknya tempat untuk anak muda. Silahkan gunakan untuk acara apapun," tambahnya.

Sebagai kota yang modern, inovatif, dan berdaya saing tinggi di kancah internasional. Fasilitas seperti SBEC ini memang diperlukan sebagai wadah bagi masyarakat khususnya anak muda untuk berekspresi dan berinovasi. 

Selain itu, area ini bisa digunakan untuk pelestarian kesenian budaya khas Surabaya seperti ludruk yang sudah mulai banyak ditinggalkan.

"Hari ini kita bisa membuktikan, kalau anak muda tampil di Surabaya seperti ludruk hingga musik, maka di SBEC kita mulai lagi,”pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Surabaya Expo Center SBEC Surabaya Peresmian SBEC HUT Kemerdekaan RI ke-79 Wali Kota Eri Cahyadi Taman Remaja Surabaya