Renovasi GOR Ken Arok Kota Malang Tahap Dua Telan Anggaran Rp 3,1 Miliar

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

11 Juli 2024 06:00 11 Jul 2024 06:00

Thumbnail Renovasi GOR Ken Arok Kota Malang Tahap Dua Telan Anggaran Rp 3,1 Miliar Watermark Ketik
Penampakan GOR Ken Arok dari depan. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Gedung Olahraga atau GOR Ken Arok di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang akan segera kembali direnovasi. Proses renovasi tahap dua tersebut diperkirakan memakan anggaran hingga Rp 3,1 miliar.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Baihaqi menjelaskan proses tahap kedua meliputi perbaikan pagar, penataak PKL, serta menambahkan lampu penerangan.

Pada renovasi pertama yang dilakukan pada 2023 lalu telah dilakukan pembenahan lantai, toilet, perbaikan kanopi di bagian depan gedung, hingga tampilan patung Ken Arok.

"Rehab GOR ini tetap kami lakukan secara bertahap. Kalau di tahun ini kami rencanakan membangun pagar depan sama selatan. Termasuk akan tata PKL yang ada agar lebih rapi. Kami juga akan menambah penerangan di area GOR," ujar Baihaqi, Kamis (11/7/2024).

Usai renovasi tahap pertama, banyak event olahraga yang dilakukan di GOR Ken Arok, mulai dari PLN Mobile Proliga 2024, hingga Festival Olahraga Masyarakat Kota (FORKOT) Kota Malang. Pada saat Proliga 2024 lalu, terdapat keluhan kondisi bagian dalam GOR Ken Arok yang cenderung panas dari atlet.

Menanggapi hal tersebut, Baihaqi menjelaskan penambahan AC dan peredam suara akan diupayakan untuk dianggarkan dalam PAK 2024. Ia berharap anggaran hingga Rp 7,5 miliar dapat disetujui, termasuk untuk menambahkan LED dan karpet.

"Kalau yang di dalam kami lihat masih cukup baik. Tapi nanti di PAK 2024 kami upayakan untuk menambah AC, peredam suara, menambah LED dan karpet. Kami upayakan, mudah-mudahan bisa tersedia di PAK," lanjutnya.

Baihaqi juga menjelaskan bahwa renovasi yang dilakukan salah satunya sebagai persiapan Kota Malang menjadi tuan rumah pada Porprov 2025. Pembangunan lapangan voli pantai juga tengah disiapkan di belakang GOR Ken Arok, termasuk sarana dan prasarana lainnya.

"Kemudian membangun sarana panjat tebing. Intinya untuk perbaikan akan kami lakukan secara bertahap karena menyesuaikan anggaran. Untuk pembangunan bola voli pantai itu Rp 1,5 miliar, sedangkan panjat tebing Rp 750 juta," tutupnya. (*)
 

Tombol Google News

Tags:

GOR Ken Arok Renovasi GOR Ken Arok Kota Malang Disporapar Kota Malang Perbaikan Gedung