Rekrutmen CPNS Pacitan 2024 Dibuka, Lulusan Pendidikan Gigit Jari

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

19 Agustus 2024 15:00 19 Agt 2024 15:00

Thumbnail Rekrutmen CPNS Pacitan 2024 Dibuka, Lulusan Pendidikan Gigit Jari Watermark Ketik
Potret penyerahan SK untuk peserta lulus seleksi CPNS di Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan telah resmi mengumumkan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun anggaran 2024.

Kendati begitu, kabar ini mungkin kurang menggembirakan bagi lulusan sarjana pendidikan, karena kuota yang dialokasikan untuk tenaga pendidik memang tidak ada.

Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pacitan, Sugeng Budiarto, mengungkapkan bahwa tidak adanya formasi CPNS untuk guru di Pacitan ini memang ketetapan dari pemerintah pusat.

Pasalnya, baik guru honorer maupun lulusan sarjana pendidikan saat ini diprioritaskan menjadi ASN Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (PPPK).

"Guru diprioritaskan diangkat jadi tenaga ASN melalui PPPK. Ini kebijakan dari kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud)," bebernya, Senin (19/8/2024). 

Sugeng mengatakan, itu nanti jadwalnya tidak bersamaan dengan tahapan seleksi CPNS. "Tidak bareng, lebih dulu CPNS," sambungnya.

Ditanya soal prioritas, kata Sugeng, untuk CPNS kali ini diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga teknis. Totalnya sebanyak 92 formasi.

Dari angka itu, 19 dialokasikan untuk tenaga kesehatan dan 73 untuk tenaga teknis.

Sugeng mengatakan, peruntukan seleksi CPNS tahun ini tidak berubah. Yakni terdiri dari dua kategori, CPNS umum atau terbuka untuk seluruh WNI yang memenuhi syarat.

Disusul, CPNS khusus diperuntukkan bagi penyandang disabilitas dan putra atau putri lulusan terbaik atau cumlaude.

"Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman resmi BKN di https://sscasn.bkn.go.id," paparnya kepada Ketik.co.id

Secara singkat terkait tata cara melamar, Sugeng memaparkan, pendaftar diwajibkan memiliki alamat email aktif dan mengikuti prosedur pendaftaran yang telah ditetapkan.

Termasuk dokumen persyaratan seperti surat lamaran, KTP, pas foto, ijazah, transkrip nilai, dan surat pernyataan harus diunggah dalam format yang ditentukan.

"Calon pelamar juga diimbau untuk membaca dengan seksama Pengumuman Resmi Nomor 800.1.2.2/2718/408.54/2024 yang ditandatangani oleh Ketua Panitia Seleksi Pengadaan ASN Pemerintah Kabupaten Pacitan, Heru Wiwoho, pada tanggal 19 Agustus 2024," pungkasnya.

Pengumuman ini berisi informasi lengkap mengenai tata cara pendaftaran, persyaratan, dan ketentuan lainnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

pacitan