Rekapitulasi KPU Kota Batu, Prabowo Gibran Menang Telak di Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Naufal Ardiansyah

28 Februari 2024 09:39 28 Feb 2024 09:39

Thumbnail Rekapitulasi KPU Kota Batu, Prabowo Gibran Menang Telak di Kota Batu Watermark Ketik
Rekapitulasi perhitungan suara yang dilakukan KPU Kota Batu di Hotel Orchid, Selasa ( 27 /2/2024 ). (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota telah melakukan rekapitulasi suara Pemilu 2024 di tingkat kota. Hasilnya, Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo-Gibran menang telak di Kota Batu dengan 95.688 suara.

Kemudian disusul Paslon No 03 Ganjar-Mahfud dengan 28.610 suara dan Paslon No 01 Anies-Muhaimin dengan 20.934 suara. 

"Total suara sah yaitu 145.232, sedangkan suara tidak sah 3.997," kata Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto, Rabu (28/2/2024). 

Heru mengatakan, rekapitulasi itu untuk memastikan akurasi data dari PPS hingga PPK. Serta melakukan koreksi bersama jika jika terjadi kesalahan.

"Ya memang ada proses pembetulan pembetulan mengenai data. Karena rekapitulasi ini secara berjenjang, yang pertama jika ada kesalahan di tingkat PPS kemudian, dibetulkan di kelurahan kemudian direkapitulasi di kecamatan," sambungnya.

Menurut Heru, jika masih ada perselisihan data antara PPK dan Panwascam di tingkat kecamatan, maka hal itu akan dibetulkan direkapitulasi di tingkat KPU. 

"Artinya kita mencari sumber data yang selisih itu tadi. Dibetulkan dalam Rekapitulasi di tingkat KPU dengan tidak mengindahkan peraturan yang ada," ujarnya.

Heru menyebutkan, selisih data itu bisa berupa beberapa data pemilih yang tadinya pemilih perempuan tapi diinput ke pemilih laki laki. Kemudian, ada juga misalnya, pemilih Dbk tetapi masih tercatat Dptb.

"Itu artinya tidak klop maka dicari datanya bersama Bawaslu untuk mensinkronkan kembali," lanjutnya.

Setelah penetapan hasil rekapitulasi di KPU Kota, lanjut Heru, nanti akan dilanjutkan rekapitulasi fan penetapan suara di Provinsi. Dikatakannya, penetapan rekapitulasi di KPU Kota Batu adalah menetapkan perolehan suara DPRD.

"Nanti di provinsi digabung dengan daerah lain. Namun secara global perolehan suara di kota Batu telah ditetapkan," katanya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu pemilu 2024 Rekapitulasi suara KPU Kota Batu