Refleksi Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung, Bupati DS Tetap Concern Bidang Pendidikan

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

21 April 2024 09:24 21 Apr 2024 09:24

Thumbnail Refleksi Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung, Bupati DS Tetap Concern Bidang Pendidikan Watermark Ketik
Bupati Bandung Dadang Supriatna saat upacara peringatan Hari Jadi ke-383 Kab Bandung di Lapang Upakarti Soreang, Sabtu (20/4/24). (Foto: Iwa/Ketik.co.id).

KETIK, BANDUNG – Bupati Bandung Dadang Supriatna mengakui sektor pendidikan masih merupakan pekerjaan rumah yang cukup berat dalam refleksi Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung yang jatuh pada 20 April 2024.

Hal itu ia ungkapkan seusai Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka peringatan hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Bandung, Sabtu (20/4/2024).

Lebih lanjut Bupati Bandung mengungkapkan, harapan lama sekolah masyarakat Kabupaten Bandung tidak berbanding lurus dengan rata-rata lama sekolah. 

"Harapan Lama Sekolah (HLS) masyarakat Kabupaten Bandung saat ini di angka 12,27 tahun atau meningkat dari tiga tahun sebelumnya yang sebesar 8,79 tahun. Artinya, ternyata masyarakat Kabupaten Bandung ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Tapi HLS masyarakat Kabupaten Bandung ini tidak berbanding lurus dengan Rata-rata Lama Sekolah (RLS) yang masih di angka 9,10 tahun atau setingkat kelas 3 SMP," jelas bupati.

Karena tu pihaknya terus terus melakukan inovasi dalam rangka peningkatan SDM ini. Menurutnya, program-program di bidang pendidikan harus lebih massif ke depannya, melalui intervensi, baik dalam hal perbaikan infrastruktur sekolah TK, SD, SMP dan bagaimana untuk bisa mendorong terus untuk mendirikan sekolah baru SLTA di Kabupaten Bandung.

Bupati yang akrab disapa Kang DS ini menambahkan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, dan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, bahwa di Kabupaten Bandung, Madrasah Aliyah Negeri pun dinilai masih kurang. 

Kabupaten Bandung juga masih membutuhkan 22 unit SMA baru, meski secara gran design masih butuh 50 SMA baru. "Tapi kami persilahkan untuk pihak swasta untuk turut berpartisipasi membangun SMA baru," tukasnya.

Kang DS juga mengajak masyarakat Kabupaten Bandung untuk memajukan daerahnya melalui kinerja yang produktif. Selain itu meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk mendongkrak pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dengan semangat BEDAS-nya. Hal itu sesuai dengan tema, 'Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung, dengan semangat BEDAS 2024, kita tingkatkan kualitas sumber daya manusia untuk pembangunan ekonomi yang berkelanjutan'.

"Tentunya hal ini dalam rangka menyikapi dan menghadap persiapan tahun 2045 Indonesia Emas, saya mengajak kepada seluruh komponen warga masyarakat Kabupaten Bandung untuk terus melakukan inovasi," tandas Bupati Bandung. (*)
 

Tombol Google News

Tags:

hari jadi kabupaten bandung PEMKAB BANDUNG BUPATI BANDUNG Pendidikan