Rawat Tradisi, Ansor Jenu Ziarah ke Petilasan Sunan Kalijaga dan Makam Syaikhona Abul Fadhol

Jurnalis: Ahmad Istihar
Editor: Muhammad Faizin

6 November 2023 07:56 6 Nov 2023 07:56

Thumbnail Rawat Tradisi, Ansor Jenu Ziarah ke Petilasan Sunan Kalijaga dan Makam Syaikhona Abul Fadhol Watermark Ketik
Foto Kenangan Presiden ke empat Almarhum KH Abdurrahman Wahid atau Gusdur saat di petilasan makam Sunan Kalijaga di Medalem Senori Tuban (06/11/2023)(Foto Istimewa/Ketik co.id)

KETIK, TUBAN – Mengawali kegiatan perdana Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban lakukan kegiatan Ziarah on the road dan silaturahmi ke PAC Ansor Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Minggu (5/11/2023) malam.

Ketua MDS Rijalul Ansor Jenu, Alamul Yaqin mengatakan, Ziarah On The Road Perdana ini mengunjungi beberapa Makbaroh Auliyaillah yang ada di Kecamatan Senori. Diantaranya adalah Makam Syaikhona Abul Fadhol yang ada di Senori, dan petilasan Sunan Kalijaga

“Ini agar langkah PAC GP Ansor Jenu ke depan mendapat berkah berkat doa para Waliyullah dan Ulama,” ujarnya

Ia menjelaskan pasca pelantikan kepengurusan PAC Ansor Jenu, selama ini belum terlaksana karena giat turun kebawah atau turba untuk mengawal rapat anggota dan pembentukan ranting Ansor se- kecamatan Jenu. Kegiatan perdana ini ziaroh ke makam sejumlah Auliyaillah di Kecamatan Senori Kabupaten Tuban sekaligus ke rombongan Ansor bersilaturahmi ke KH Abdul Muiz ketua MDSRA PC GP Ansor Tuban.

Foto Rombongan PAC GP Ansor Jenu saat di Kediaman Pengasuh pondok Pesantren Mansyaul Huda 02 KH Muhammad Muhyiddin Munawar dan Putranya KH Abdul Muis yang juga ketua MDSRA PC GP Ansor Tuban (06/11/2023)(Foto Ahmad Istihar/Ketik.co.id)Rombongan PAC GP Ansor Jenu saat di kediaman Pengasuh pondok Pesantren Mansyaul Huda 02 KH Muhammad Muhyiddin Munawar dan Putranya KH Abdul Muis yang juga ketua MDSRA PC GP Ansor Tuban (06/11/2023)(Foto Ahmad Istihar/Ketik.co.id)

"Alhamdulillah, KH Muhyiddin Munawar ayah Gus Muis menerima kami. Seraya mendoakan semoga Ansor bisa konsisten mengkawal ulama dan merawat tradisi ahlusunah yang bernaung di rumah besar Nahdlatul Ulama," jelasnya

Ketua Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Kecamatan Jenu, Ahmad Nur Huda mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai perjalanan spiritual kepada Waliyullah dan Ulama sekaligus sarana merawat tradisi Ahlussunah Waljamaah Annahdiyah.

“Kegiatan ini diikuti Kader Ansor baik dari beberapa Ranting di wilayah Kecamatan Jenu, anggota PAC GP Ansor Jenu, alumni dan pembina," ujarnya. 

"Kami sudah buat list kehadiran sebelumnya di group PAC GP Ansor Jenu, group MDSRA dan PH untuk ikut hadir pada acara ziaroh ini,” sambung Gus Arda sapaan pendek Ahmad Nur Huda.

Ke depan, menurut Gus Arda, kegiatan Ziarah on the road akan di agendakan rutin dan dimasukkan rencana program kerja departemen MDSRA. Diakui rombongan pengurus dan anggota Ansor Jenu, berangkat dari Kantor MWC NU Jenu, menggunakan armada 6 mobil pribadi.

Rombongan tiba di Masjid Raudlatus Shalihin pukul 17.30 Wib untuk menunaikan sholat maghrib berjamaah. Kemudian, Ziaroh ke Syech Abul Fadhol. Setelah itu, sowan di kediaman ketua PC Rijalul Ansor Tuban Gus Muiz. Terakhir, rombongan melanjutkan perjalanan ziaroh ke makam Sunan Kalijaga petilasan yang pernah dikunjungi mendiang presiden ke empat Republik Indonesia KH Abdurrahman Wahid atau Gusdur dan rombongan pulang mampir ke rumah Sekretaris PC GP Ansor Tuban sahabat Wahid Ali di Montong.(*)   

Tombol Google News

Tags:

Gusdurian Ansor Tuban NU Ziarah