Rajut Kebhinekaan, Pondok Kasih Gandeng Forum Beda Tapi Mesra

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

2 Juni 2023 05:57 2 Jun 2023 05:57

Thumbnail Rajut Kebhinekaan, Pondok Kasih Gandeng Forum Beda Tapi Mesra Watermark Ketik
Gala Dinner peluncuran Gita Puja Bangsa III di Artotel TS Suite Ballroom Surabaya. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id) 

KETIK, SURABAYA – Yayasan Pondok Kasih dengan Forum Beda Tapi Mesra meluncurkan Gita Puja Bangsa 2023 yang bertujuan menjaga keutuhan menjelang Pemilu 2024. Acara kali ini bertemakan "Reaktualisasi Pancasila sebagai Perajut Kebhinekaan Bangsa", pada Kamis, (1/6/2023).

Dijelaskan oleh Ketua Umum Forum Beda Tapi Mesra Syuhada Endrayono bahwa upaya untuk mewujudkan persatuan harus dirawat di tengah momen tahun politik.

Maka dari itu Syuhada membeberkan masyarakat harus memiliki sikap yang kebhinekaan agar tidak memecah belah sesama warga negara.

"Adanya pemahaman dari semua bangsa bahwa nilai persatuan ini lebih utama dari sekedar kontestasi politik,” ujarnya.

Hal senada dijelaskan Ketua Umum Yayasan Pondok Kasih Hana Amalia, menurutnya persatuan wajib dijaga khususnya di tahun 2024, karena itu salah satu nilai yang terkandung dalam Pancasila.

"Ketuhanan Yang Maha Esa kita bisa mempunyai agama yang berbeda tapi kita percaya pada satu Tuhan. Kita berbeda-beda tapi kita diciptakan berbeda untuk bersama-sama," paparnya.

Menurut Hana, pentingnya pegangan teguh mengenai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan itu wajib dilakukan, karena dengan Pancasila itu dapat mewujudkan persatuan bangsa.

"Makanya, saya percaya bahwa Pancasila itu ilham Tuhan yang diberikan ke founding father kita, untuk mempersatukan negara yang bhineka harus ada satu dasar yang kokoh, yaitu Pancasila,” ujarnya.

Mengenai pertemuan antar tokoh agama ini, Hana berharap keutuhan Indonesia tetap terjaga meskipun sedang bertarung di tahun politik.

"Doa kami adalah damailah negeriku, bersatulah negeriku dan sejahteralah masyarakatku, itu mencakup lima sila Pancasila,” harap Ketua Umum Yayasan Pondok Kasih itu. (*)

Tombol Google News

Tags:

Yayasan Pondok Kasih Forum Beda Tapi Mesra Pancasila Gita Puja Bangsa 2023