PWI Probolinggo Raya Gelar UKW untuk Angkatan ke 53

Jurnalis: Tunjung Mulyono
Editor: Marno

16 September 2023 12:58 16 Sep 2023 12:58

Thumbnail PWI Probolinggo Raya Gelar UKW untuk Angkatan ke 53 Watermark Ketik
Peserta UKW Probolinggo Raya angkatan ke 53 berfoto bersama dengan para penguji. ( Foto: PWI)

KETIK, PROBOLINGGO – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Probolinggo Raya, menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk angkatan ke 53 di Paiton Resort Hotel (Pareho) 02 Probolinggo pada 15-16 September 2023.

Kegiatan UKW diikuti oleh 18 wartawan yang terbagi dalam 2 jenjang Yakni jenjang wartawan muda yang diikuti oleh 12 orang wartawan pemula dan jenjang wartawan Madya yang diikuti oleh 6 orang wartawan muda. 

Ketua PWI Probolinggo Raya Suyuti mengungkapkan, kegiatan UKW ini sengaja diadakan oleh PWI Probolinggo Raya untuk memberikan standarisasi kepada para wartawan di wilayah Probolinggo Raya agar mampu membuat produk berita yang sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik.

"Kami berharap kepada rekan-rekan wartawan yang telah mengikuti UKW ini, nantinya mampu mengimplementasikan seluruh materi dan ilmu yang didapatnya dalam UKW ini kedalam perkerjaan jurnalistiknya sehari-hari," ungkapnya, Sabtu (16/9/2023). 

Senada dikatakan Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, Eko Pamuji. Ia berpesan, para wartawan yang telah melaksanakan uji kompetensi, untuk bisa menginspirasi teman-teman wartawan lainnya agar turut mengikuti kegiatan UKW.

"Semakin banyak wartawan yang mengikuti dan lulus UKW, maka akan semakin banyak juga wartawan yang berkompeten dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya," 

Terpisah, pada pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke 53 pada Jum'at (15/9/2023) lalu, Ketua PWI Jawa Timur Lutfil Hakim menyebutkan, hingga angkatan ke-52, sudah ada sekitar 1.550 wartawan se-Jawa Timur yang dinyatakan berkompeten. 

Namun di sisi lain, disebutkannya berdasarkan catatan Dewan Pers pada tahun 2023, dari 250 ribu wartawan di Indonesia, hanya ada 20 ribuan wartawan saja yang mempunyai sertifikat uji kompetensi. Jadi ada 230 ribuan wartawan yang belum mengikuti uji kompetensi. 

"Uji kompetensi wartawan ini, telah sesuai dengan amanah Dewan Pers Nomor 1 Tahun 2018 tentang standar kompetensi wartawan. Sehingga sebagai seorang wartawan kita patut untuk mengikuti uji kompetensi disetiap jenjangnya," 

Sekadar informasi, UKW angkatan ke-53 sukses digelar, berkat kerjasama PWI Probolinggo Raya dengan beberapa pihak. Di antaranya : Pemkab Probolinggo, PLN Nusantara Power, PT Paiton Enery dan POMI, dan PT HM Sampoerna. (*)

Tombol Google News

Tags:

UKW Probolinggo Raya Dewan Pers PWI