Puteri Indonesia Papua Barat 2022 Gaungkan Semangat Generasi Muda dari Timur

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

7 November 2023 12:00 7 Nov 2023 12:00

Thumbnail Puteri Indonesia Papua Barat 2022 Gaungkan Semangat Generasi Muda dari Timur Watermark Ketik
Kezia Mirella Yung Syaranamual, Puteri Indonesia Papua Barat 2022 (Foto: dokumen pribadi)

KETIK, SORONG – Puteri Indonesia Papua Barat 2022, Kezia Mirella Yung Syaranamual, akrab dengan panggilan Kezia menggaungkan semangat generasi muda melalui advokasi dengan nama "Pelita dari Timur".

Mahasiswi cantik jurusan Pendidikan Kedokteran di Universitas Cenderawasih Papua ini mengatakan, advokasi Pelita dari Timur adalah organisasi non-profit yang berfokus pada pendidikan, kesehatan, dan kewirausahaan di Indonesia khususnya Papua. Di mana menurutnya misi utama organisasi ini adalah memberikan pendidikan dan kesempatan yang sama bagi anak-anak di Papua, terutama di daerah pedalaman. 

"Kami berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi kerakyatan di daerah tersebut," kata Kezia kepada media online nasional Ketik.co.id melalui pesan singkat Whatsapp, pada hari Selasa (07/11/2023).

Pemilik akun media sosial Instagram @keziayung menyampaikan, advokasi yang dijalankan saat ini adalah memberikan kegiatan belajar gratis untuk anak-anak di kawasan sekitar, termasuk mengajarkan membaca, menulis, berhitung, dan ilmu pengetahuan. Memotivasi anak-anak untuk memiliki cita-cita, bermimpi besar, dan memupuk rasa percaya diri. Mendorong mereka berani berbicara di depan umum dan mengemukakan pendapatnya, serta mengajarkan pola hidup sehat dan mendorong kesadaran masyarakat mengenai kesehatan.

"Kemudian mendukung pengembangan ekonomi kerakyatan dengan melibatkan orang tua siswa dalam usaha-usaha lokal. Banyak terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan kampanye, termasuk sebagai Duta Anti Rokok, relawan peduli kesehatan mental, dan kampanye penanaman pohon," ujar Kezia menambahkan.

Foto Kezia bersama anak Papua dalam program Pelita dari Timur (Foto: dokumen pribadi)Kezia bersama anak Papua dalam program Pelita dari Timur (Foto: dokumen pribadi)

Kezia Yung sebagai CEO Bisnis F&B bernama Kobakso ini menyatakan, tujuannya menjadi seorang dokter adalah berkontribusi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan, terutama di daerah-daerah yang membutuhkan. Selain itu, memiliki harapan untuk mengembangkan organisasi Pelita dari Timur, memperluas dampak positifnya, dan memberikan pendidikan serta peluang kepada lebih banyak anak di Papua.

"Saat ini, saya juga bersama Nathanael Budi Dharma membuka bisnis bernama @kobakso yang bergerak di bidang makanan oriental menggunakan produk nusantara dan bahan-bahan segar tanpa pengawet. Bisnis ini adalah salah satu wujud dari tekad saya untuk terus mempromosikan gaya hidup sehat serta berharap dapat memberikan contoh positif bahwa bisnis dan inovasi bisa dilakukan dengan sumber daya lokal, di mana pun kita berada," bebernya.

Selain itu, Kezia berharap bisa terus mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta anak muda agar terus berinovasi dengan sumber daya yang tersedia di daerah masing-masing. Hal ini merupakan bagian penting dari visinya untuk menjadi promotor gaya hidup sehat, pendidikan, kesehatan, dan inovasi, di mana pun berada.

"Saya ingin mengajak anak muda Indonesia, khususnya yang berasal dari Timur, untuk percaya pada diri mereka sendiri, bermimpi besar, berani berprestasi dan terus menjadi berkat bagi sesama. Marilah kita bersama-sama aktif berpartisipasi dalam kegiatan sosial, pendidikan, dan advokasi untuk menciptakan perubahan positif dalam komunitas kita," terang Kezia yang juga memiliki berbagai hobi, mulai dari bernyanyi, menulis lagu, public speaking, content creating, bermain alat musik, membaca, menulis puisi, melukis, dan mengajar.

Dirinya yakin, dengan tekad, kerja keras, dan semangat untuk belajar, kita semua dapat mencapai prestasi besar dan memberikan dampak positif pada lingkungan sekitar. Tidak perlu langsung besar, semua bisa dimulai dari hal sesederhana membuka teras kalian untuk mengajar anak-anak kurang mampu di sekitar kalian.

Foto Kezia bisnis @kobakso (Foto: dokumen pribadi)Kezia bisnis @kobakso (Foto: dokumen pribadi)

"Saya juga ingin mengingatkan anak muda bahwa kekayaan dan potensi daerah harus diolah secara bertanggung jawab. Ini adalah tanggung jawab kita untuk menjadikan sumber daya daerah sebagai berkah bagi orang-orang di sekitar kita dan daerah kita sendiri. Dengan bisnis @kobakso, kami berusaha memberikan contoh bagaimana bisa berkontribusi positif dalam hal ini lewat penggunaan bahan baku lokal," tuturnya. 

"Mari kita terus mendukung dan mendorong inovasi di semua bidang, serta menjadi agen perubahan, terutama pada bidabg kesehatan, dan pendidikan. Bersama-sama, kita dapat menciptakan masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan untuk daerah kita dan generasi yang akan datang," tandasnya dengan nada optimis dan percaya diri.

Sebagai informasi, prestasi dan pengalaman yang pernah diraih oleh Kezia, di antaranya yaitu:
1. Puteri Indonesia Papua Barat 2022.
2. 1st Winner International Business Competition PPI Malaysia.
3. Finalist Reaserch Competition The 11th Indonesian International Medical Olymiad.
4. Finalis Poster Publik 7th Hypothalamus Competition 2021.
5. Finalis Fotografer Pameran literasi Indonesia @kemdikbud.ri 2020.
6. Best International Ambasador IMUN (International Model UnitedNation) 2021.
7. FINALIS IWUGM 2020.
8. Finalis Lomba Vlog Edukasi Pembelajaran Masa Pandemi
9. 10 Puisi Terbaik Lingkar Pena
10. 20 besar vlog literasi pendidikan @kemdikbud.ri
11. Semifinalist White Paper Competition Industrial Workshop 2020.
12. Winner Mae Choice Award 2022.
13. Semifinalis Uhamka singing competition.
14. Big 5 CJF singing competition
15. Sukarelawan hari hutan kementrian kehutanan hari hutankementrian kehutanan.
16. Head of Content Creator at Japan Youth Summit 2023.
17. Sebagai cofounder Organisasi Non-Profit "Pelita dari Timur" yang fokus pada pendidikan, kesehatan, dan kewirausahaan.
18. Dan sebagainya.

Tombol Google News

Tags:

Puteri Indonesia Papua Barat 2022 Kobakso Pelita dari Timur Cantik Kezia Mirella Yung Syaranamual