Punya Market Luas, IPDN Produksi Air Minum "Praja" Target Terjual ke Seluruh Indonesia

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Naufal Ardiansyah

29 Maret 2024 12:05 29 Mar 2024 12:05

Thumbnail Punya Market Luas, IPDN Produksi Air Minum "Praja" Target Terjual ke Seluruh Indonesia Watermark Ketik
Rektor IPDN Hadi Prabowo saat mengecek produk air minum bermerek "Praja" yang baru saja diresmikan. (Foto: Dok. IPDN)

KETIK, JAKARTA – Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) terus melebarkan sayap pengembangan institusi. Kali ini, sekolah kedinasan paling bergengsi itu kembali menghadirkan inovasi produk terbarunya yakni dengan memproduksi air minum dalam kemasan (AMDK) bermerek "Praja".

IPDN nampaknya tak ingin menyiakan potensi jaringan purna praja yang telah tersebar di seluruh penjuru tanah air. Modal itulah yang ingin dikuatkan sehingga produk air bermerek "Praja" tersebut bisa terjual ke seluruh Indonesia.

Pabrik AMDK Praja ini diresmikan Rektor IPDN, Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo, M.M,, di kawasan Kampus IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Kamis (28/3/2024). 

Rektor mengungkapkan pabrik ini bekerjasama dengan PT. Sejuk Segar Sehat yang telah disepakati  beserta fasilitas penunjangnya, dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

"Nantinya pabrik ini akan menghasilkan air minum kemasan dengan ukuran  galon 19 Liter, botol 1500 ml, botol 600 mL, botol 330 mL dan botol 220 mL. Air minum ini akan menjadi identitas dari IPDN. Jadi, setiap kegiatan di lingkungan IPDN akan menyuguhkan air minum buatan sendiri," jelas Hadi Prabowo saat peresmian. 

Pihaknya berharap ke depan seluruh komponen Kementerian Dalam Negeri pun akan menggunakan air minum ini untuk konsumsi rapat dan lain sebagainya.

"Dengan adanya pabrik air minum Praja ini semoga kebutuhan air minum sehari-hari bagi civitas akademika dan khususnya bagi seluruh Praja IPDN Kampus Jatinangor dapat terpenuhi dengan baik, dan dapat memberikan kesegaran dan kesehatan di tubuh yang menkonsumsinya," ucap Hadi. 

Terkait proses pemasaran dan distribusinya, papar Hadi, IPDN telah menunjuk Koperasi Bina Bhakti Praja sebagai mitra pemasaran dan distributor AMDK merk Praja di lingkungan IPDN Kampus Jatinangor. Untuk teknis operasional penyediaan dan pendistribusian AMDK merk Praja oleh PT. Sejuk Segar Sehat, dituangkan dalam kesepakatan tertulis dengan Koperasi Bina Bhakti Praja IPDN. 

Selain pelaksanaan peresmian air minum praja, pada hari yang sama Rektor IPDN berkesempatan secara langsung bersilaturahim dan menyerahkan bingkisan sembako kepada petugas pengamanan dalam IPDN sebanyak 20 orang, pegawai Tenaga Harian Lepas IPDN sebanyak 415 orang, cleaning service sebanyak 25 orang dan wartawan pokja IPDN sebanyak 40 orang. Sehingga total bingkisan lebaran yang dibagikan sebanyak 500 bingkisan. 

Lebih lanjut Hadi mengungkapkan kegiatan pemberian ini tak akan berjalan sukses tanpa support dari Brigjen Pol. John C.E. Nababan selaku Kasat Binlat IPDN, Brigjen Pol Singgamat selaku Kasat Manggala Praja, Himawan Darmoro dan lain sebagainya.  

"Saya harap bingkisan tersebut dapat menambah kebahagiaan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri nanti. Jangan dilihat dari nilainya, tapi Insyaallah semua yang dilakukan diberikan secara ikhlas untuk mencari ridho Allah SWT", ucap Rektor IPDN.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ipdn HADI PRABOWO REKTOR IPDN Air minum Praja