Puncak Arus Mudik Terlewati, Terminal Pacitan Kembali Lengang

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Muhammad Faizin

9 April 2024 11:00 9 Apr 2024 11:00

Thumbnail Puncak Arus Mudik Terlewati, Terminal Pacitan Kembali Lengang Watermark Ketik
Beberapa bus yang tak beroperasi usai membawa penumpang. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Puncak arus mudik Lebaran 2024 di Terminal Tipe A Pacitan, Jawa Timur diprediksi sudah terjadi pada H-3 lusa. Pada H-2 Lebaran, Senin (8/4/2024), jumlah penumpang mulai menunjukkan penurunan.

"Puncak mudik terjadi pada H-3, untuk H-1 update datanya besok," kata Kepala Terminal Pacitan, Suyono, saat dihubungi Ketik.co.id, Selasa (9/4/2024).

Tercatat dari tanggal 1-8 April 2024 sudah ada sebanyak 3.290 pemudik yang turun via Terminal Pacitan.

Foto Suasana Terminal Tipe A Pacitan mulai sepi, pasalnya kedatangan pemudik di Kabupaten Pacitan mulai menurun pada jelang Lebaran. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Suasana Terminal Tipe A Pacitan mulai sepi, pasalnya kedatangan pemudik di Kabupaten Pacitan mulai menurun pada jelang Lebaran. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

"Dari data rekap, pada H-3 (7/4/2024), jumlah penumpang yang turun di Terminal Pacitan mencapai 1.495 orang. Angka ini menurun menjadi 979 orang pada H-2," bebernya berdasarkan data rekap kedatangan penumpang terminal per hari.

Suyono memprediksi, jumlah penumpang bakal terus menurun hingga H+7 Lebaran.

Penurunan ini terjadi karena sebagian besar pemudik sudah kembali ke perantauan mereka setelah merayakan Lebaran bersama keluarga di Pacitan.

"Kebanyakan pemudik memang memilih untuk kembali ke perantauan sebelum Lebaran. Hal ini untuk menghindari kemacetan yang biasanya terjadi di momen Lebaran," ujarnya.

Terkait arus balik Lebaran, Suyono memprediksi puncaknya akan terjadi pada H+3 dan H+4. (*)

Tombol Google News

Tags:

terminal pacitan Arus Mudik di Pacitan lebaran Puncak arus mudik Arus Balik