PT Niramas Resmikan Go Live sebagai Wujud Transformasi Digital Menuju Green Industry

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

1 Februari 2024 07:08 1 Feb 2024 07:08

Thumbnail PT Niramas Resmikan Go Live sebagai Wujud Transformasi Digital Menuju Green Industry Watermark Ketik
seorang pekerja yang sedang mengoperasikan teknologi augmented reality, salah satu teknologi yang diimplementasikan pada tahap awal digitalisasi. (Foto: Dok Schneider Electric)

KETIK, BEKASI – PT Niramas Utama yang juga dikenal dengan merek Inaco, meresmikan dimulainya perjalanan transformasi digital perusahaan menuju green industry yang ditandai dengan peresmian 'Go Live' sistem manajemen informasi produksi dan monitoring energi di Pabrik Pusat PT Niramas Utama di Bekasi.

PT Niramas Utama menggandeng Schneider Electric untuk melakukan pre-assessment, konsultasi dan  pembuatan peta jalan transformasi digital hingga pengembangan kompetensi sumber daya manusia.

Schneider Electric menunjuk mitra sistem integratornya yakni PT JETEC Indonesia untuk melakukan implementasi solusi dan teknologi. 

Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin, Putu Juli Ardika mengatakan Kemenperin memiliki target untuk dapat mencapai Net Zero Emision (NZE) di sektor industri 10 tahun lebih cepat dari target nasional.

Ada empat strategi yang akan menjadi pondasi yaitu transisi ke energi baru terbarukan, manajemen dan efisiensi energi, strategi elektrifikasi dalam proses produksi, serta pemanfaatan teknologi Carbon Capture, Utilization and Storage (CCUS). 

"Industri makanan dan minuman merupakan salah satu industri yang diharapkan berperan aktif dalam mencapai NZE ini," terangnya di Jakarta, Rabu (31/1/2024).

Pada kesempatan yang sama, BOD PT Niramas Utama, Adhi Lukman menambahkan, kerjasama ini menjadi bukti komitmen perusahaan dalam penerapan revolusi industri 4.0 secara bertahap.

Tujuan utamanya untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, optimalisasi proses bisnis, pengembangan kompetensi SDM, dan juga pemenuhan tanggung jawab perusahaan terhadap penghematan energi dan pengurangan emisi karbon untuk mendukung tercapainya target SDGs.

"Kami percaya bahwa pencapaian target NZE Indonesia merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan swasta, lintas sektor dan menjangkau seluruh skala bisnis termasuk industri kecil dan menengah," tambahnya.

Lebih lanjut Cluster President Schneider Electric Indonesia & Timor Leste menuturkan bahwa Schneider Electric lebih dari sekadar penyedia teknologi, pihaknya ingin menjadi mitra strategis yang mendampingi pelaku industri dalam setiap tahapan transformasinya.

"Selain teknologi, kami memberikan pendampingan melalui pelatihan, workshop, forum-forum diskusi di tiap level manajemen baik untuk manajemen lini pertama, menengah hingga manajemen puncak,"pungkasnya.

Sebagai informasi, Berdiri sejak 1990, PT Niramas Utama memproduksi makanan dan minuman berbasis Nata De Coco berkualitas tinggi yang dikenal luas dengan merek Inaco Berlandaskan pada Inaco way dengan semangat Innovative Never Give up Adaptive Courageous Ownership. Perusahaan terus berinovasi untuk mendorong pertumbuhan dan memberikan nilai tambah pada semua pemangku kepentingan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Schneider Electric NZE Digitalisasi Green Industry PT Niramas Utama Go Live