Proyek Penutup Saluran Pancasila Mulai Dikerjakan, Pemkot Madiun Ungkap Konsepnya

Jurnalis: Eko Suprayitno
Editor: Rudi

16 Mei 2023 04:24 16 Mei 2023 04:24

Thumbnail Proyek Penutup Saluran Pancasila Mulai Dikerjakan, Pemkot Madiun Ungkap Konsepnya Watermark Ketik
Proyek Penutup Saluran Pancasila Mulai Dikerjakan DPUPR Kota Madiun, Ditargetkan November Rampung/(Foto; Dinas PUPR Kota Madiun)

KETIK, MADIUN – Proyek pembangunan penutup saluran Pancasila di Kelurahan Nambangan Lor, Manguharjo, Kota Madiun  mulai dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

Pembangunan penutup saluran Pancasila itu  dibangun sepanjang 600 meter ke arah barat dari titik jembatan di jalan Mayjen Sungkono, sedangkan lebarnya diestimasikan sembilan meter.

Pembangunan penutup saluran Pancasila ini sejatinya mulai berjalan sejak April lalu yang ditandai dengan pembongkaran eks pasar Sonokeling yang berada di dekat saluran tersebut.

Kabid Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) DPUPR Kota Madiun, Suyanto mengatakan, proyek tersebut telah dikerjakan mulai pertengahan April lalu dimulai dengan meratakan eks bangunan pasar Sonokeling.

“Penutupan saluran itu tentunya menyesuaikan penataan kawasan di situ, yang jelas ini sudah kita mulai pertengahan April kemarin,” katanya

Suyanto mengatakan pemkot menyiapkan anggaran Rp 3,5 miliar untuk proyek penutup saluran Pancasila, sedangkan revitalisasi pasar tradisional eks Pasar Sonokeling, direncanakan masuk pada penganggaran tahun depan.

“Di atas penutup saluran di Pancasila itu rencananya akan dibangun pedestrian. Tapi, kami sesuaikan anggaran yang ada. Jika tidak cukup ya akan dilanjutkan tahun depan,’’ ungkapnya.

Selain penataan saluran di kawasan itu, lanjut Suyanto, penutup permukaan di atas saluran juga mempertimbangkan aspek keamanan. Sebab, saluran tersebut cukup dalam. Ditargetkan proyek tersebut selesai dikerjakan awal November mendatang.(*)

Tombol Google News

Tags:

Saluran Pancasila Madiun Jalan Yos Sudarso Kota Madiun Dinas PUPR Pasar Sonokeling Madiun Kota Pendekar