Profil Eks Kabasarnas M Syaugi yang Terpilih Jadi Ketua Pemenangan AMIN

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

14 November 2023 07:10 14 Nov 2023 07:10

Thumbnail Profil Eks Kabasarnas M Syaugi yang Terpilih Jadi Ketua Pemenangan AMIN Watermark Ketik
Marsekal Madya Muhammad Syaugi. (Foto: Wikipedia)

KETIK, JAKARTA – Pasangan capres 2024 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mengumumkan susunan tim pemenangan dan yang terpilih adalah Eks Kabasarnas M Syaugi Alaydrus diumumkan sebagai kapten Timnas AMIN. 

"Kapten timnas, namanya kapten. Bapak Marsekal Madya Muhammad Syaugi," ujar Anies Baswedan dalam deklarasi Timnas AMIN di Jl. Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023). 

Profil Eks Kabasarnas M Syaugi 

Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus merupakan seorang purnawirawan Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Udara. Ia dikenal mahir ketika menerbangkan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon. 

Syaugi adalah seorang pilot tempur yang menunggangi F-16 Fighting Falcon Skadron Udara 3 hasil dari program Peace Bima Sena 1. 

Tak tanggung-tanggung, berkat kecakapannya mengendalikan pesawat, M Syaugi bergabung dengan satuan elit pilot Indonesia yakni Tim Aerobatik Elang Biru TNI AU. 

Dikutip dari laman resmi TNI AU, Marsdya TNI (Purn) M Syaugi diketahui sebagai peraih Adhi Makayasa. Hal ini didapatkan setelah dirinya menjadi lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1984. 

Salah satu prestasi yang pernah diraihnya adalah ketika menjadi bagian tim aerobik Elang Biru yang mencuri perhatian di Indonesian Air Show (IAS) 1996, di Bandara Soekarno Hatta. 

Sepanjang kariernya, Muhammad Syaugi Alaydrus pernah menempati sejumlah jabatan penting di instansinya. Pada 2011, dia menempati posisi Komandan Lanud Iswahjudi. 

Sebelumnya, Syaugi menjabat Panglima Komando Operasi Sektor (Pangkosek) Hanudnas IV yang bermarkas di Biak, Papua. Lalu, dia juga pernah menempati posisi Pangkoopsau I (2012) sebelum akhirnya dimutasi menjadi Dirjen Renham Kemhan RI pada tahun 2014. 

M Syaugi resmi dilantik sebagai Kepala Basarnas (Kabasarnas) menggantikan Marsekal Madya TNI F.H. Bambang Sulistyo yang memasuki masa pensiun. 

Namun karier Syaugi tak berhenti di Basarnas saja, Syaugi dilantik menjadi Komisaris Utama PT MRT Jakarta. 

Jabatan Komisaris Utama PT MRT Jakarta ini pun diemban Syaugi hingga 2022. 

Sebelumnya, 11 Jenderal purnawirawan TNI/Polri menemui bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan tersebut di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (6/10/2023). 

Mereka tergabung dalam Forum Komunikasi Purnawirawan TNI/Polri untuk Perubahan dan Persatuan (FKP3) untuk memberikan dukungan kepada Anies 

Anies Baswedan mengatakan, kedatangan para jenderal purnawirawan tersebut untuk mendiskusikan sejumlah langkah-langkah strategis yang bakal dikerjakan ke depan. (*)

Tombol Google News

Tags:

M Syaugi Profil M Syaugi Eks Kabasarnas Timnas AMIN amin Anies Baswedan Munaimin Iskandar