Prof Nazaruddin Malik Terpilih Jadi Rektor Baru UMM

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

22 Desember 2023 03:59 22 Des 2023 03:59

Thumbnail Prof Nazaruddin Malik Terpilih Jadi Rektor Baru UMM Watermark Ketik
Rapat senat pemilihan Rektor UMM (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Prof. Dr. Nazaruddin Malik, M.Si. terpilih secara aklamasi sebagai Rektor baru Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada 20 Desember 2023. Prof Nazaruddin akan mengemban amanah sebagai rektor periode 2024-2028. 

Terpilihnya Prof. Nazaruddin melalui proses panjang yang dilakukan mulai tingkat program studi dan fakultas pada Oktober lalu. Setelah itu dilakukan sosialisasi dan penjaringan di masing-masing fakultas hingga diperoleh nama calon kandidat. 

“Dari situ muncul nama-nama yang bisa dijaring oleh masing-masing fakultas. Ada lebih dari 14 calon nama yang akhirnya diusulkan,” jelas Kepala Humas UMM M. Isnaini, M.Pd. 

Calon kandidat dilakukan verifikasi persyaratan. Proses pertimbangan, pemilihan, dan penetapan rektor dilakukan oleh senat kampus. 

Prof Nazar mendapatkan 11 suara fakultas, sedangkan calon kandidat di nomor urut 2 dan 3 masing-masing hanya mendapatkan 3 dan 2 suara. Sisa calon kandidat lainnya hanya mendapatkan satu suara. Dari hasil tersebut Prof Nazar ditetapkan menjadi rektor secara aklamasi oleh para senat.  

Sebelumnya Prof Nazar menjabat sebagai Wakil Rektor II UMM. Nantinya SK penetapan akan diberikan langsung dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. 

"Hasil ini harus disahkan oleh pimpinan pusat Muhammadiyah yang memang menaungi UMM. Semoga hasil ini bisa memberikan manfaat lebih bagi sivitas akademika UMM, lebih umum juga untuk masyrakat secara luas,” lanjut Isnaini.(*)

Tombol Google News

Tags:

Rektor UMM UMM Universitas Muhammadiyah Malang Rektor Baru UMM Pemilihan Rektor