Pria Jember yang Disekap di Rusia Kini Berada di KBRI

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

11 September 2023 12:24 11 Sep 2023 12:24

Thumbnail Pria Jember yang Disekap di Rusia Kini Berada di KBRI Watermark Ketik
Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Perluasan Kesempatan Kerja dan Transmigrasi, Disnaker Jember, Iskandarian di kantornya, Senin (11/9/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Seorang pekerja migran bernama Rahmad Kurniawan Abadi yang sempat disekap di sebuah apartemen di Rusia, kini sudah berada di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow.

Sebelumnya, beredar sebuah video berdurasi sekitar 1 menit berisi pengakuan dari Rahmad, warga Dusun Kapel, Desa Ampel, Wuluhan, Jember. Ia mengaku dikunci dari luar sebuah apartemen di Rusia. Pada akhir video dirinya memohon bantuan untuk segera dipulangkan oleh pemerintah.

Rahmad kini berada di Detensi Imigrasi di Sakharova, Moskow, Rusia dan menunggu proses untuk dideportasi. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Jember. 

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Perluasan Kesempatan Kerja dan Transmigrasi, Iskandarian, menyebut pihaknya menerima informasi dari pihak Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

“Hari Jumat kemarin sekitar pukul 8 malam, kami dapat info bahwa dia sudah ada di KBRI Moskow,” papar Iskandarian saat ditemui Ketik.co.id di kantornya, Senin (11/9/2023).

Pihaknya akan terus menggandeng BP2MI perihal pemulangan Rahmad dari Rusia ke Indonesia. “Proses selanjutnya kami masih menunggu dan berkoordinasi dengan BP2MI,” katanya.

Lanjutnya, Disnaker belum tahu pasti kapan Rahmad bisa tiba di Kabupaten Jember. “Estimasi kita belum tahu, karena ada proses lebih lanjut,” tutup Iskandarian. (*)

Tombol Google News

Tags:

pekerja migran ilegal Jember disekap Rusia kini berada di KBRI KBRI Moskow Disnaker Jember perdagangan orang human trafficking