Presiden Jokowi Lantik Maruli Simanjuntak Jadi Kepala Staf Angkatan Darat

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

29 November 2023 08:57 29 Nov 2023 08:57

Thumbnail Presiden Jokowi Lantik Maruli Simanjuntak Jadi Kepala Staf Angkatan Darat Watermark Ketik
Jenderal Maruli Simanjuntak saat dilantik menjadi KSAD (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

KETIK, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo resmi melantik Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Rabu (29/11/2023).

Perwira yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang diangkat sebagai Panglima TNI.

Pelantikan Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai KSAD diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 103/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

"Mengangkat Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak M.Sc NRP 1920030770270 sebagai Kepala Staf Angkatan Darat," ucap Sekretaris Militer Presiden saat membacakan keputusan.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penyematan tanda jabatan Kepala Staf Angkatan Darat serta pengambilan sumpah yang oleh Presiden Jokowi.

"Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Jokowi diikuti Maruli Simanjuntak.

Penandatanganan berita acara melanjutkan rangkaian pelantikan. Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bertindak sebagai saksi.

Acara berlanjut pada pembacaan keputusan presiden tentang kenaikan pangkat Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menjadi Jenderal TNI yang dilanjutkan dengan penanggalan dan penyematan tanda pangkat oleh Presiden Jokowi.

Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh sejumlah menteri, termasuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan yang juga mertua Jenderal Maduli Simanjuntak.(*)

Tombol Google News

Tags:

KSAD Maruli Simanjuntak Presiden Jokowi Kepala Staf Angkatan Darat