Posyandu Kota Probolinggo Raih Penghargaan di Harganas Ke-30

Jurnalis: Tunjung Mulyono
Editor: Marno

30 Juli 2023 14:13 30 Jul 2023 14:13

Thumbnail Posyandu Kota Probolinggo Raih Penghargaan di Harganas Ke-30 Watermark Ketik
Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi saat menerima penghargaan dari Ketua TP PKK Jawa Timur Arumi Dardak, Jumat (28/07/2023). Foto : Humas Kota Probolinggo/Ketik.co.id)

KETIK, PROBOLINGGO – Pos Layanan Terpadu (Posyandu) Flamboyan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo meraih penghargaan Terbaik ke-III Pelaksana Posyandu, Bangga Kencana tingkat Jawa Timur. 

Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Jatim Arumi Dardak kepada Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi dalam acara Puncak Perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke - 30 di GOR Untung Suropati Kota Pasuruan pada Jumat (28/7/2023). 

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan aksi pembagian 1 juta butir telur lewat Program Roadshow Mobil Unit Penerangan (Mupen). Pembagian telur secara gratis tersebut, merupakan bagian dari acara Harganas yang bertemakan Menuju keluarga bebas stunting untuk Indonesia maju. 

Deputi Bidang Pengendalian Penduduk pada BKKBN RI Dr Bonivasius Prasetya Ichtiarto dalam sambutannya mengungkapkan, jika penanganan terhadap stunting bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat saja. Melainkan menjadi tanggung jawab bersama untuk pemerintah daerah. 

"Oleh karenanya dalam momen ini, kami membagikan sebanyak 1.200 butir telur lewat program Roadshow Mupen ini. Harapannya ini sebagai pemicu awal yang nantinya ditindaklanjuti oleh masing-masing pemerintah daerah dalam rangka penurunan angka stunting, " ungkapnya, Jumat (28/07/2023).

Menanggapi hal itu, Aminah Hadi Mengatakan, jika prestasi yang diraih oleh Posyandu Flamboyan Pilang ini harus dijadikan pelecut bagi Posyandu dan seluruh kader lainnya di Kota Probolinggo. 

"Keluarga harus memberikan pengasuhan yang baik. Aktif hadir di posyandu dan menciptakan lingkungan sanitasi yang sesuai dengan standard kesehatan yang layak. Ini penting untuk menurunkan prevalensi stunting di Kota Probolinggo," kata istri Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin itu. 

Ia memberikan motivasi kepada seluruh kader Posyandu di wilayahnya. Untuk terus berkomitmen dan bekerja sama untuk melakukan berbagai upaya strategi demi menurunkan angka stunting di wilayah Kota Probolinggo secara signifikan.

"Kita harus kreatif dalam menyajikan dan memberikan makanan bergizi bagi anak. Contohnya, telur, sayur, ikan dibuat unik, sehingga menarik anak untuk mengkonsumsinya," ujarnya. 

Disebutkan Aminah Hadi, pihaknya akan secara kontinyu melaksanakan roadshow ke seluruh Posyandu yang ada di Kota Probolinggo. Tujuannya untuk mengetahui kondisi riil dan perkembangan kesehatan balita di seluruh wilayahnya.

"Alhamdulillah, penghargaan ini merupakan bentuk komitmen dan kerja nyata dari semua pihak, baik pemerintah, stakeholder dan kader posyandu. Dengan begitu kami akan terus berupaya melakukan terobosan agar bermanfaat bagi masyarakat,"pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

posyandu probolinggo Harganas