PKB Berikan Rekomendasi Nurochman-Heli Maju Pilkada 2024 Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

19 Agustus 2024 02:03 19 Agt 2024 02:03

Thumbnail PKB Berikan Rekomendasi Nurochman-Heli Maju Pilkada 2024 Kota Batu Watermark Ketik
Cak Nur didampingi Heli Suyanto menerima rekomendasi dari Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar (18/8/2024). (Foto: Tangkapan Layar YouTube)

KETIK, BATU – PKB memberikan rekomendasi kepada Nurochman untuk berpasangan dengan Heli Suyanto maju Pilkada 2024 Kota Batu.

Seperti diketahui, Nurochman merupakan Ketua DPC PKB Kota Batu. Sedangkan, Heli Suyanto juga menjabat sebagai Ketua DPC Gerindra Kota Batu. Keduanya sama sama menduduki wakil ketua DPRD Kota Batu 2019- 2024 dan sama sama menjadi anggota DPRD terpilih 2024 - 2029.

Sebelumnya DPP Partai Gerindra juga sudah merekomendasikan Heli Suyanto untuk maju ke Pilkada Kota Batu. Rekomendasi itu turun pekan lalu yang diberikan langsung oleh Sekjen DPP Gerindra, Ahmad Muzani di kantor DPP Partai Gerindra.

Artinya, Nurochman dan Heli sama-sama sudah mengantongi surat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) masing-masing.

Menurut Nurochman surat rekomendasi tersebut tertanggal 5 Agustus 2024. Namun, ia baru menerima rekomendasi tersebut langsung dari Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar pada Minggu 18 Agustus 2024.

"Alhamdulillah, baru saja saya menerima surat rekomendasi dari DPP PKB, “Ini berkat doa restu masyarakat Kota Batu,” katanya.

Nurochman atau yang akrab disapa Cak Nur menjelaskan Rekomendasi atau dokumen B1 KWK merupakan salah satu surat penting dalam proses pencalonan kepala daerah. Dokumen itu merupakan rekomendasi dari partai politik, yang menyatakan dukungan resmi kepada calon bupati dan wakil bupati, calon wali kota dan wakil walikota, serta calon gubernur dan wakil gubernur.

“Tanpa dokumen ini, pasangan calon tidak bisa mendaftarkan diri KPU untuk ikut serta dalam pemilihan kepala daerah,” katanya.

Bersatunya PKB dan Gerindra di Kota Batu merupakan kekuatan besar dalam perpolitikan di Kota wisata tersebut. Diketahui, PKB Kota Batu merupakan pemenang Pemilu Legislatif 2024 dengan meraih 27.170 suara. Sehingga, Partai berlambang Ka'bah itu mendapat 6 kursi DPRD Kota Batu.

Sedangkan, Gerindra Kota Batu mendapatkan 4 kursi di DPRD Kota Batu. Dimana Heli Suyanto merupakan salah satu legislatif yang mendapatkan suara tinggi yakni 4.535 suara.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu DPC PKB Kota Batu DPC Gerindra Kota Batu DPP PKB rekomendasi Nurochman Heli Suyanto Pilkada 2024 pilwali batu Pilkada Kota Batu