Pjs Bupati Trenggalek Kunjungi Pelatihan Kerja di Dinas Perinaker

Jurnalis: Agus Riyanto
Editor: Naufal Ardiansyah

17 Oktober 2024 21:32 17 Okt 2024 21:32

Thumbnail Pjs Bupati Trenggalek Kunjungi Pelatihan Kerja di Dinas Perinaker Watermark Ketik
Suasana saat Pjs. Bupati Trenggalek Dyah Wahyu Ermawati melihat kegiatan pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh Dinas Perinaker Kabupaten Trenggalek. (Foto: Humas Pemkab Trenggalek)

KETIK, TRENGGALEK – Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Trenggalek Dyah Wahyu Ermawati mengapresiasi pelaksanaan pelatihan kerja yang digelar oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Trenggalek. 

Erma sapaannya menyebut, tiga pelatihan yang dipilih sangat bagus, karena bisa meningkatkan kualitas SDM masyarakat Trenggalek.

"Jadi pelatihan yang berbasis kompetensi sangat diperlukan agar skill yang dibutuhkan bisa lebih mendalam," ucapnya, Kamis (17/10/2024). 

Erma menegaskan, pelatihan berbasis kompetensi itu sangat bagus, karena bisa membangun skil mereka yang memiliki keterampilan atau keahlihan. Hal ini dikarenakan tenaga kerja tidak hanya dibutuhkan karena mampu, namun juga kualitas pekerjaannya. 

"Jawa Timur itu terkenal dengan tenaga kerja yang mempunyai skill. Jadi pelatihan yang digelar oleh Dinas Perinaker Kabupaten Trenggalek sangat bagus untuk mengembangkan SDM masyarakat. Saya berharap ada inovasi-inovasi dalam pengembangan SDM sesuai visi misi Bupati, yakni SDM menjadi kunci utama dalam pembangunan di Trenggalek," imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perinaker Kabupaten Trenggalek, Heri Julianto menjelaskan, pelatihan kerja ini ada tiga jenis, yakni pelatihan tata boga, potong rambut, dan pengelasan.

Targetnya ialah peserta pelatihan mendapatkan keahlian atau menambah keahlian yang dimiliki, sehingga bisa menambah skill untuk bekerja atau menciptakan lapangan kerja baru. 

Kepala SMKN 2 Trenggalek, Hanafi menyampaikan, tiga pilihan dalam pelatihan tersebut sangtlah tepat, karena memiliki peluang ekonomi yang besar. 

"Ini pilihan yang tepat. Peluang kerjanya sangat luas, baik tata boga, potong rambut, dan pengelasan. Tak terkecuali untuk menguatkan UMKM di Trenggalek," ujarnya. 

Sekedar informasi, untuk pelaksanan memasak dan potong rambut bertempat di Balai Latihan Kerja Dinas Perinaker Kabupaten Trenggalek. Sedangkan untuk pengelasan bertempat di SMKN 2 Trenggalek. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pjs Bupati Trenggalek Dinas Perinaker Dinas Perinaker Trenggalek