Pj Wali Kota Batu Melihat Lebih Dekat Kehidupan Veteran Jelang HUT Kemerdekaan

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

15 Agustus 2024 05:34 15 Agt 2024 05:34

Thumbnail Pj Wali Kota Batu Melihat Lebih Dekat Kehidupan Veteran Jelang HUT Kemerdekaan Watermark Ketik
Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai menyambangi veteran dan janda veteran di Kota Batu. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Menjelang Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai sekaligus Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur menyambangi veteran dan janda veteran di Kota Batu.

Menurut Pj Aries, kunjungan kepada veteran dilakukan untuk memantik generasi muda Kota Batu dalam menghormati jasa-jasa pejuang kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya dengan memperhatikan para veteran yang kini telah berusia lanjut.

"Kegiatan seperti ini wajib dilakukan oleh generasi penerus di Kota Batu agar mengetahui makna apa yang diperjuangkan oleh para perebut kemerdekaan," katanya, Kamis (15/8/2024).

Saat berkunjung, banyak cerita yang disampaikan veteran kepada Aries terkait kehidupan sehari-harinya. Ada yang bercerita tentang perjuangan masa lalu, dan kehidupan setelah purna tugas dan menjalani hari tua di Kota Batu.

Bahkan, Pj Aries merasa terharu mendengar cerita janda veteran Ny. Mulyadi yang baru saja ditinggal 40 hari almarhum suami dan melanjutkan hidupnya dengan berjuang menghidupi dirinya sendiri dengan berjualan krupuk di Pasar Induk Among Tani.

Adapula suami istri veteran yang harus mengontrak dekat dengan rumah sakit karena harus kontrol 3 kali dalam sebulan.

"Dengan melihat secara langsung kondisi para veteran bisa mengetahui kondisi kesehatan mereka sekaligus memberikan support dan bantuan terhadap veteran," tambahnya.

Aries langsung memerintahkan Kepala Dinas Sosial Kota Batu agar sering turun ke lapangan dan lebih memperhatikan pejuang dan veteran. Termasuk memberikan fasilitas antar jemput untuk kontrol ke rumah sakit dan bantuan permakanan bagi veteran yang masih penuh keterbatasan.

"Saatnya kita yang memberikan perhatian kepada para pejuang kemerdekaan, veteran. Karena ini tugas kita bersama pelanjut generasi bangsa, tidak boleh kita biarkan mereka mengalami kesusahan," tegas Aries.

Untuk diiketahui, veteran yang dikunjungi Aries di antaranya, Mohammad Saleh (95 tahun) Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Ny Mulyadi, dan Ny Fatiman Sujono (janda veteran) di Rumah Veteran Jalan Sultan Hasan Halim Kelurahan Sisir, dan Supakim (98 tahun) warga Kelurahan Sisir, yang berdomisili di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Veteran Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai HUT kemerdekaan ke-79 RI